Selasa 27 Desember 2022, 08:30 WIB

Bawaslu: Politik Uang Musuh Besar Demokrasi

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Bawaslu: Politik Uang Musuh Besar Demokrasi

Medcom.id
Ilustrasi -- Politik Uang

 

BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menyatakan bahwa segala bentuk politik uang ialah bagian dari musuh besar demokrasi.

"Politik uang bukan hanya musuh besar demokrasi tapi juga musuh besar pembangunan," terang anggota Bawaslu RI Puadi, Selasa (27/12).

Guna menghindari adanya pelanggaran itu, Puadi menyebut Bawaslu perlu secara konsisten meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya politik uang.

Bawaslu, kata Puadi, berusaha menyentuh ruang hati masyarakat untuk menolak politik uang. "Setidaknya untuk diri sendiri dan keluarga," tegasnya.

Ia mencontohkan lahirnya kampung anti politik uang di desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, jadi bukti banyaknya masyarakat semakin paham akan bahaya politik uang. "Serta membentuk karakter masyarakat yang cukup tinggi dan berkomitmen teguh dalam menolak politik uang," paparnya.

"Dengan terbentuknya kampung anti politik uang diharapkan munculnya kampung-kampung dengan karakter masyarakat yang memiliki kesadaran politik tinggi untuk mewujudkan demokrasi yang bersih dan bermartabat serta memiliki komitmen kokoh menolak politik uang," tandasnya. (OL-12)

Baca Juga

DOK MI

PKS Tegaskan Sikap Dukung Anies Baswedan Jadi Capres

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:50 WIB
WAKIL Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman menegaskan sikap partainya mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta...
Muhammad Iqbal

Hendra Kurniawan Dituntut Tiga Tahun Penjara Dan Denda Rp20 Juta

👤Irfan Julyusman 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:43 WIB
JAKSA penuntut umum menuntut Hendra Kurniawan dengan pidana penjara selama tiga tahun dan denda sebesar Rp 20...
DOK MI.

Pertemuan Jokowi-Surya Paloh Singgung Pilpres 2024

👤Valerie Augustine Budianto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:38 WIB
Pertemuan sekitar satu jam tersebut merupakan bagian dari silaturahmi dan ibarat kangen-kangenan antara kakak dan adik yang lama tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya