Rabu 02 November 2022, 15:31 WIB

Tahun Politik sudah Dekat, Jokowi: Sejak Awal Dukung Prabowo

Jean Willyam (MGN), Muhardi (SB) | Politik dan Hukum
Tahun Politik sudah Dekat, Jokowi: Sejak Awal Dukung Prabowo

Antara
Jokowi Sejak Awal Dukung Prabowo Subianto

 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengaku sejak awal telah memberi dukungan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (capres) pada Pemilu Presiden 2024.

Jokowi menegaskan dirinya sangat mendukung Prabowo apabila akan kembali ikut dalam kontestasi demokrasi 5 tahun sekali itu.

Pernyataan Jokowi itu menjawab pertanyaan mengenai restu bagi Prabowo untuk Pilpres 2024. Namun, Jokowi menjawab dalam konteks pemerintahan.

"Sudah sejak awal. Kok restu-restu? Sejak awal saya sampaikan mendukung Beliau," ujar Jokowi di Indodefence Expo di Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Setelah itu, Jokowi menjawab pertanyaan mengenai wejangan untuk Prabowo mempersiapkan diri menuju 2024. Jokowi berkata ia selalu bertukar pikiran dengan Prabowo.

"Kita saling tukar-menukar pikiran mengenai bagaimana Indonesia ke depan. Saya kira biasalah, saya berbicara bukan sering ya terlalu sering dengan Pak Menhan itu," kata Jokowi.

Namun, mengingat posisi Prabowo yang menjabat sebagai menteri pertahanan, dia mengimbau agar Ketua Umum Partai Gerindra itu tidak mengenyampingkan kewajibannya. Nantinya, Jokowi akan mengevaluasi menteri-menteri yang akan bertarung dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024 agar tidak mengganggu jalannya kabinet.

Seperti diketahui, Partai Gerindra telah mendeklarasikan Prabowo sebagai bakal capres pada Pilpres 2024. Untuk dapat mengusung Prabowo, Partai Gerindra telah membentuk koalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Meski demikian, koalisi itu belum menentukan pendamping Prabowo untuk Pilpres 2024. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar digadang-gadang akan menempati posisi itu. (Mhd/A-3)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Pernah Disebut Merugi Rp106 Triliun, Pengacara Bos Indosurya: Faktanya Rp16 Triliun

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 10:50 WIB
“Jadi ahli mengatakan kerugiannya itu Rp16 triliun, bukan Rp106 triliun. Nah bahkan kalau mengacu pada data PKPU jadi kerugiannya...
Dok. DPR RI

Komisi III DPR Disebut akan Panggil BNPT Minta Klarifikasi soal Bom Astanaanyar

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 09:18 WIB
Pihaknya akan menanyakan BNPT perihal program pembinaan deradikalisasi yang dijalankannya, termasuk koordinasi intelijen institusi tersebut...
Dok. DPR RI

Penyusunan Anggaran Berbasis Gender Ikut Berperan Wujudkan Demokrasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 09:07 WIB
Praktik GRB dilakukan di Indonesia sejak 2009 melalui pendekatan sistem perencanaan dan penganggaran yang berperan sebagai alat untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya