Selasa 01 November 2022, 17:32 WIB

Profesional dan Miliki Prestasi, Menteri Erick Didorong Jadi Cawapres 

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Profesional dan Miliki Prestasi, Menteri Erick Didorong Jadi Cawapres 

Ist
Menteri BUMN Erick Thohir diajukan untuk menjadi calon wakil presiden dalam Pilpres 2024.

 

DUKUNGAN kepada Menteri BUMN Erick Thohir untuk ikut berkontestasi di Pilpres 2024 semakin banyak.

Setelah Partai Amanat Nasional (PAN) memberikan sinyal dukungan, kini giliran Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memberikan kode keras untuk mengusung Erick maju sebagai pucuk pimpinan di Indonesia.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Hasanuddin (Unhas), Sukri, mengatakan banyaknya dukungan kepada Erick baik itu dari parpol maupun organisasi masyarakat untuk maju di Pilpres 2024 dikarenakan mereka melihat bukan sekadar sosok personal figur Erick.

"Namun juga ditentukan oleh komposisi orang di sekitarnya dan figur capres maupun cawapres yang nanti akan maju di Pilpres 2024," kata Sukri dalam keterangan pers, Selasa (1/11)..

Selain melihat itu semua, parpol pengusung capres maupun cawapres mendatang juga dinilai akan mendukung figur yang memiliki prestasi dan pengalaman yang bagus di birokrasi.

Terlebih lagi. lanjut Sukri, kementrian yang di pegang oleh Erick merupakan lembaga yang sangat berisiko namun dapat dilalui dengan sangat baik oleh Erick.

Baca juga: Erick Thohir Dinilai Akan Tingkatkan Elektabilitas Capres

"Menteri Erick memimpin Kementerian BUMN tanpa adanya masalah yang berarti juga termasuk prestasi yang turut dipertimbangkan oleh parpol maupun ormas untuk mencalonkan beliau untuk maju di 2024," kata Sukri. 

Selain itu Erick dinilai Sukri juga memiliki prestasi dalam bidang ekonomi. Khususunya dalam memperbaiki kinerja keuangan perusahaan BUMN.

Bahkan beberapa BUMN dapat ditingkatkan pendapatannya ketika Erick memimpin Kementrian BUMN. Selain itu Erick juga memiliki prestasi dalam merestrukturisasi BUMN yang sejatinya sudah diambang kehancuran. 

Di saat kepemimpinan Menteri Erick di Kementrian BUMN beberapa BUMN yang 'sekarat' itu pun dapat diselamatkan. Contohnya Garuda Indonesia, Krakatau Steel.

Menteri Erick juga mampu menumbuhkan etos kerja baru di Kementrian dan perusahaan BUMN yang ada di bawahnya. Dengan etos kerja yang baru tersebut membuat BUMN menjadi transparan, akuntabel, adaptif dan lebih bersih karena menjalankan GCG yang baik.

"Sektor ekonomi ini merupakan sektor yang vital yang harus dikuasai oleh calon pemimpin nagara. Termasuk calon pemimpin Indonesia. Sampai sejauh ini Menteri Erick memiliki pengalaman yang sangat baik di ekonomi," ucapnya.

"Dengan posisi Menteri Erick yang saat ini profesional dan bukan kader partai manapun menjadikan ia diunggulkan oleh beberapa parpol untuk maju di Pilpres 2024 mendatang," terang Sukri.

Dengan berbagai kelebihan itu, menurut Sukri banyak pihak termasuk parpol maupun ormas menjagokan Erick dan mensimulasikan untuk dapat dipasangkan dengan berbagai tokoh yang sudah sangat populer untuk menjadi capres di Pemilu 2024.

Agar ekonomi Indonesia semakin kuat di masa mendatang, Sukri berharap Menteri Erick dapat memiliki program penggembangan ekonomi yang melibatkan BUMN dan generasi muda. Memang ada beberapa program ekoniomi yang sudah melibatkan BUMN dan generasi milenial.

Diakui Sukri, Erick di berbagai kesempatan suda menyampaikan program pemberdayaan ekonomi dengan melibatkan BUMN dan generasi milenial. Namun yang disampaikan oleh Erick belum spesifik.

Sukri mengharapkan agar Menteri Erick bisa terus menggembangkan program-program ekonomi dengan melibatkan BUMN dan generasi muda Indonesia. Sebab kedepannnya ekonomi Indonesia akan dijalankan oleh generasi milenial.

"Selain akan menjadi pendorong ekonomi Indonesia di masa mendatang, generasi milenial juga mewakili segment pemilih yang cukup besar di tahun 2024 mendatang. Generasi milenial merupakan segment pemilih yang lebih menyukai figur pemimpin yang tidak terkontaminasi oleh parpol tertentu dan bisa mewakili aspirasi mereka," paparnya.

"Bukan memilih pemimpin yang sekadar menyampaikan jargon tertentu. Ini ceruk yang bisa dioptimalkan oleh Menteri Erick untuk mendapatkan dukungan di pilpres 2024 mendatang. Apa lagi calon pemilih dari generasi milenial bisa mencapai 30% dari total pemilih," pungkas Sukri. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok MI

KPK Usul ASN yang tidak Lapor LHKPN Dipangkas Tunjangannya

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 07:39 WIB
Saat ini, belum ada sanksi tegas bagi ASN yang 'bandel' tidak lapor LHKPN. ASN yang tidak patuh hanya dikenakan sanksi...
DOK.MI

KPK Buka Peluang Jerat Tersangka Baru dalam Kasus Dugaan Suap di MA

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:18 WIB
Ali mengatakan peluang tersebut dapat dilakukan sepanjang ditemukan bukti permulaan yang cukup, baik dalam proses penyidikan maupun saat...
Dok. Pribadi

DPR Papua Minta Persidangan Mahkamah Militer Kasus Mutilasi Nduga Ditunda, Dorong Peradilan Koneksitas

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:14 WIB
"Kami sayangkan bahwa persidangan di Mahmil Jayapura dan Surabaya tidak dilakukan dengan transparan. Keluarga korban tidak diberitahu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya