Selasa 20 September 2022, 22:40 WIB

Rico Kembali Desak RUU DOB Papua Barat Daya Segera Disahkan  

Media Indonesia | Politik dan Hukum
 Rico Kembali Desak RUU DOB Papua Barat Daya Segera Disahkan   

Dok pribadi
Rico Sia

 

ANGGOTA Fraksi Partai NasDem DPR RI Rico Sia meminta pimpinan DPR RI segera mengagendakan pengesahan rancangan undang-undang (RUU) tentang Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya di rapat paripurna terdekat.

Menurut legislator dari Dapil Papua Barat itu, Komisi II DPR, perwakilan Pemerintah dan DPD RI telah menyepakati RUU tentang Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya pada pembicaraan tingkat I. Dasar hukum daerah otonom baru (DOB) Papua Barat Daya itu juga disepakati untuk dilanjutkan ke tingkat II.

"Masyarakat Papua Barat Daya telah menantikan adanya DOB dan mengharapkan pimpinan DPR RI melalui Badan Musyawarah untuk segera mengagendakan RUU tentang Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya dalam rapat paripurna masa persidangan I, paripurna terdekat," kata Rico dalam rapat paripurna DPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/9).

Rico yang tengah di BKO (bawah kendali operasi) ke Komisi II ini menegaskan, Provinsi Papua Barat Daya merupakan aspirasi dari masyarakat Papua. Komisi II DPR, Pemerintah, bersama DPD RI juga telah memutuskan DOB Provinsi Papua Barat Daya ikut serta dalam Pemilu Serentak 2024 bersama dengan tiga DOB Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Tengah.

"Dengan begitu dibutuhkan kesiapan penyelenggaraan pemilu serentak di Provinsi Papua Barat Daya melalui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang," tandasnya.

Pada kesempatan tersebut Rico juga menegaskan agar Pemerintah dapat segera menerbitkan Perppu dan mengikutsertakan keempat DOB baru dalam setiap tahapan pemilihan serentak di 2024. (Ro/O-2)

Baca Juga

Antara

Prabowo: Kita Perlu TNI dan Polri yang Kuat

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 28 September 2022, 22:35 WIB
Hal itu ditekankan Menhan Prabowo saat mengunjungi Kapolri Jenderal Listyo Sigit di Mabes Polri pada Rabu (28/9)...
MI/Barry F

MA Jalankan Saran KPK untuk Cegah Korupsi di Lembaga Peradilan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 21:58 WIB
KARO Humas dan Hukum MA Sobandi mengatakan lembaganya langsung berbenah serta segera melaksanakan saran dan masukan...
ANTARA

Polri Serahkan Para Tersangka Kasus Brigadir J pada 3 Oktober

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Rabu 28 September 2022, 21:58 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan bahwa pelimpahan tahap dua ini akan dilakukan di Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya