Rabu 31 Agustus 2022, 20:55 WIB

NasDem Dorong Papua Barat Daya Ikuti Pilkada 2024

Media Indonesia | Politik dan Hukum
 NasDem Dorong Papua Barat Daya Ikuti Pilkada 2024

Dok pribadi
Legislator NasDem Rico Sia (dua dari kiri) sedang berbicara di rapat kerja dengan Mendagri.

 

ANGGOTA Fraksi Partai NasDem DPR RI dari Dapil Papua Barat, Rico Sia, meminta Komisi II DPR dan Pemerintah bersinergi memperjuangkan agar daerah otonomi baru (DOB) Papua Barat Daya bisa mengikuti gelaran pilkada serentak 2024. Kini, daerah pemekaran dari Provinsi Papua Barat tersebut sedang berproses di parlemen.

"Cuma satu saja permintaan dari dapil kami, Papua Barat, khususnya kepada teman-teman Komisi II DPR dan Pemerintah. Harapan besar ini merupakan dorongan dari DPR untuk dibahas bersama Pemerintah, agar betul-betul memperjuangkan. Kalau bisa Papua Barat Daya bisa ikut Pilkada 2024," ujar Rico yang kini di BKO (bawah kendali operasi) ke Komisi II DPR, dalam rapat kerja dengan Mendagri Tito Karnavian, Ketua KPU Hasyim Asy'ari, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, dan Ketua DKPP Muhammad, di Jakarta, Rabu (31/8).

Rico mengatakan, kendala yang sempat muncul untuk pilkada Papua Barat Daya ialah terkait ketersediaan anggaran. Menurutnya, Kementerian Keuangan sudah mengonfirmasi bahwa dana untuk pilkada di Papua Barat Daya pada 2024 tersedia.

"Kepada pak menteri dan para penyelenggara pemilu agar simulasinya sama dengan apa yang di Papua. Kalau terkait anggaran, kami dengar dari Kemenkeu dana itu ada. Kemarin kan kekhawatirannya kendala dana, nah sekarang kami dengar dananya ada," imbuhnya.

Legislator Partai NasDem ini pun berharap dukungan dari seluruh elemen, termasuk Mendagri Tito Karnavian agar pilkada Papua Barat Daya 2024 bisa terwujud.

"Jadi mudah-mudahan pak menteri (Tito Karnavian), atau kalau di Papua disebut Kakak Besar, harapan itu juga ada di kakak untuk memperjuangkan itu di 2024. Jadi sinergi Pemerintah dan Komisi II benar-benar mewujudkan impian dari kami di Papua Barat, yang akan menjadi Papua Barat Daya," pungkasnya. (RO/O-2)

Baca Juga

dok.ist

Plt Ketua Umum dan Majelis Pakar PPP Matangkan Pemenangan Pemilu 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:08 WIB
Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono melakukan rapat bersama Majelis Pakar DPP PPP membahas langkah dan strategi untuk mengantarkan...
MI/Bary F

Paska OTT KPK Respon Ketua MA Dipuji Pengamat

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 22:43 WIB
RESPON Mahkamah Agung (MA) dalam menyikapi terbongkarnya dugaan korupsi yang melibatkan Hakim Agung non-aktif Sudrajat Dimyati dan sejumlah...
MI/ Abdillah M Marzuqi

Pemuda Katolik Komda Jateng Kecam Kasus Mutilasi di Semarang

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Kamis 29 September 2022, 22:40 WIB
PEMUDA Katolik Komisariat Daerah Jawa Tengah mengecam keras pembunuhan disertai mutilasi dan pembakaran kepada Paulus Iwan Budi beberapa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya