Kamis 11 Agustus 2022, 15:22 WIB

MA Lantik 2 Hakim Agung dan 2 Hakim Ad Hoc Tipikor

Putra Ananda | Politik dan Hukum
MA Lantik 2 Hakim Agung dan 2 Hakim Ad Hoc Tipikor

MI/BARY FATHAHILAH
Mahkamah Agung.

 

MAHKAMAH Agung (MA) melantik 2 hakim agung dan 2 hakim ad hoc tindak pidana korupsi (tipikor). Proses pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dipimpin langsung oleh Ketua MA Muhammad Syarifuddin pada Kamis (11/8) di Gedung MA, Jakarta. 

Keempat hakim yang baru dilantik dan diambil sumpah jabatannya tersebut akan langsung menjabat hingga 5 tahun ke depan. Keempat hakim baru yang dilantik tersebut ialah Hakim Agung Kamar Perdata Nani Indrawati, Hakim Agung Kamar Tata Usaha Negara Khusus Pajak Cerah Bangun, Hakim Ad Hoc Tipikor Agustinus Purnomo Hadi dan Arizon Mega Jaya. 

Baca juga: 

"Puji syukur pagi ini saya telah diambil sumpah dan dilantik oleh yang mulia ketua MA sebagai hakim agung. Tentu saya secara pribadi, saya tetap harus menjadi hakim yang independen, berintegritas tinggi dan turut serta menegakkan hukum bersama hakim agung yang lain untuk penegakkan hukum yang lebih baik," ujar Hakim Agung Kamar Perdata Nani Indrawati ditemui seusai upacara pelantikan. 

Nani menuturkan, banyaknya jumlah perkara yang ditangani oleh MA menjadi tantangan tersendiri ketika bekerja sebagai hakim agung. Dirinya berharap putusan hakim agung selaku putusan tingkat akhir bisa menjadi acuan dari para hakim-hakim yang ada di pengaidilan di bawahnya. Dengan begitu diharapkan akan ada konsistensi putusan dalam perkara-perkara yang serupa. 

"Tentu putusan hakim agung adalah putusan yang terakhir yang saya berharap bisa menjadi acuan para hakim yang ada di pengadilan tingkat pertama maupun tingkat banding sehingga ada konsistensi putusan. Itu yang paling utama. Konsistensi dan kualitas putusan yang baik," ujarnya. 

Nani menuturkan dalam minggu-minggu awal mejabat pihaknya akan melakukan orientasi jepada 10 pimpinan MA guna mendapatkan arahan sebelum bekerja. Para hakim baru diharapkan mampu menciptakan persidangan yang sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku dan diterapkan di MA. 

"Kami akan lakukan orientasi dahulu di minggu awal," ujarnya. 

Pada kesempatan tersebut, keempat hakim yang baru dilantik juga melakukan penandatanganan berita acara dan pakta integirtas diikuti penyetaman tanda jabatan oleh Ketua MA. Jajaran hakim MA yang hadir terlihat memberikan ucapan selamat kepada keempat hakim yang baru dilantik tersebut. (OL-6)

Baca Juga

MI/MOHAMAD IRFAN

KPK: Klaim Tambang Emas Lukas Enembe Tak Hentikan Perkara

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Selasa 27 September 2022, 15:04 WIB
Nawawi menilai kubu Lukas salah kamar saat koar-koar aliran dananya berasal dari tambang emas. Pasalnya, kasus Lukas masih di tahap...
Ist

Keluarga Besar FKPPI Pegang Prinsip Keberagaman dan Loyal pada Pancasila

👤mediaindonsia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 14:27 WIB
Pontjo Sutowo menegaskan kembali sikap dasar FKPPI yang menerima keberagaman (pluralitas) untuk hidup secara harmoni pada tatanan...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Diisukan Bakal Dipenjara, Anies Acungkan Jempol

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Selasa 27 September 2022, 14:13 WIB
Anies hanya sedikit tersenyum dan mengacungkan jempol menanggapi pertanyaan itu. Kemudian Anies tampak membuang muka kepada wartawan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya