Kamis 14 Juli 2022, 21:49 WIB

Polri Usut Intimidasi Wartawan di Rumah Irjen Sambo

Siti Yona Hukmana | Politik dan Hukum
Polri Usut Intimidasi Wartawan di Rumah Irjen Sambo

Antara
Polisi berjaga di depan rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo

 

POLRI memastikan akan mengusut kasus dugaan intimasi terhadap wartawan CNNIndonesia.com dan 20Detik. Kedua wartawan itu menerima intimidasi di komplek rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta, Kamis (14/7)

"Nanti akan diusut, dan coba saya tanyakan juga ke Kapolres Jakarta Selatan (Kombes Budhi Herdi Susanto)," Kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

Kedua wartawan itu diintimidasi oleh tiga orang pria berbadan tegap dan berambut cepak. Belum diketahui pasti dia anggota polisi atau bukan, karena tidak memperlihatkan identitas.

Dedi meminta awak media tak berandai-andai terkait identitas pelaku. Ia meminta dua wartawan tersebut membuat laporan polisi ke Polres Jaksel

"Ojo mengandai-andai (pelaku polisi) kalau belum jelas. Biar buat laporan saja ke Jaksel, agar jelas sekalian," tegas Dedi.

Intimidasi berawal saat dua jurnalis itu mewawancarai Asep, petugas kebersihan di sekitar perumahan Ferdy Sambo. tiga orang berbaju hitam, berbadan tegap, dan berambut cepak tiba-tiba muncul dari arah belakang mengendarai sepeda motor dan menghentikan wawancara yang sedang berlangsung.

Ketiganya yang tidak mengenalkan identitas langsung merampas ponsel dua jurnalis tersebut. Mereka memeriksa handphone, menghapus sejumlah foto, video, dan hasil wawancara. Mereka juga memeriksa tas jurnalis CNN Indonesia dan 20Detik.

Sejumlah dokumen yang dihapus merupakan hasil peliputan kasus baku tembak antara dua ajudan Ferdy Sambo di sekitar lokasi kejadian. Rumah dinas Sambo diperketat usai baku tembak. Polisi juga sempat melarang wartawan mengambil gambar di satu sisi rumah.

Baku tembak itu terjadi di rumah dinas Sambo, wilayah Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (8/7). Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat yang merupakan sopir dinas istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Ferdy Sambo ditembak Bhayangkara Dua (Bharada) RE, pengawal dan pengamanan Irjen Ferdy Sambo. (OL-8)

Baca Juga

MI/Duta

Komitmen KIB hadirkan Politik Persatuan Patut Diadopsi Semua Pihak

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:41 WIB
Aditya menilai KIB sepatutnya menerjemahkan tekad dan semangat itu dalam wujud program dan kerangka...
MI/Susanto

Ganjar: OTT terhadap Bupati Pemalang jadi Peringatan Hentikan Korupsi

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:26 WIB
Operasi tangkap tangan (OTT) petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo menjadi peringatan bagi...
dok.ist

Saksi Ahli Nizar: Permohonan Praperadilan ke KPK Sah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:50 WIB
AHLI dari kader senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Nizar Dahlan menilai laporan permohonan praperadilan kepada KPK sah-sah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya