Sabtu 02 Juli 2022, 21:20 WIB

KTN 10 Ha di Garut untuk Deradikalisasi Berbasis Kesejahteraan

RO/Micom | Politik dan Hukum
KTN  10 Ha di Garut untuk Deradikalisasi Berbasis Kesejahteraan

.
.

 

BADAN Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) membuka Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) seluas 10 hektare di Desa Harumansari, Kecamatan Kadungora, Garut, Jawa Barat, Sabtu (2/7). KTN ini bertujuan untuk deradikalisasi berbasis kesejahteraan.

 

KTN di Desa Haruman Sari akan dimanfaatkan sebagai area budidaya lebah madu, jagung, gula aren, alpukat dan juga sebagai objek pariwisata.

 

Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar menjelaskan kehadiran KTN menjadi wadah semua pihak untuk bersama-sama melakukan deradikalisasi berbasiskan kesejahteraan. 

 

"KTN ini melibatkan banyak pihak. Negara harus hadir dan semua pihak harus dilibatkan mengingat terorisme adalah musuh kita bersama," kata Boy.

 

Dengan kehadiran KTN Garut, mitra deradikalisasi dapat berbaur serta diterima dengan baik oleh masyarakat umum. 

 

Boy Rafli juga mengatakan pemilihan wilayah Garut Jawa Barat menjadi salah satu lokasi KTN juga untuk menekan potensi yang mungkin saja muncul. “Program seperti ini disiapkan untuk membangun kewaspadaan bersama terhadap radikalisme terorisme,” jelas Boy Rafli.

 

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman merasa bangga terdapat KTN di wilayah Garut. Hal ini menandakan bahwa Pemda dan masyarakat Garut sepakat menolak seluruh bentuk ideologi kekerasan yang memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. 

 

"Kami tidak ingin ada terorisme di Indonesia," jelasnya. 

 

Kehadiran KTN Garut ini disambut baik salah seorang mitra deradikalisasi, Yoki Candra yang hadir bersama 5 mitra lainnya. Ia memiliki harapan besar bahwa keberadaan KTN Garut menjadi sarana reintergrasi sosial. 

Ia mengakui tidak mudah untuk menjadi seorang mitra deradikalisasi dengan stigma masyarakat. Dengan hadirnya KTN ia dapat membangun kemandirian ekonomi dan berbaur dengan masyarakat sekitar. 

"KTN ini trobosan paling bagus karena kami bisa menjalin sinergi kami yang mantan napiter(narapidana teroris) dengan masyarakat," kata Yoki. (J-1) 

Baca Juga

Ist

Kepmendagri Tengah Susun Pemberian dan Pemutakhiran Kode DOB

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:17 WIB
Pemberian dan Pemutakhiran Kode, dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan dan Pulau yang ditetapkannya Undang-Undang Daerah Otonom Baru...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Ferdy Sambo Mengaku Emosi atas Perlakuan tidak baik Brigadir J Terhadap Istrinya

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:05 WIB
Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi menjelaskan perlakuan Brigadir J tersebut telah melukai harkat dan...
dok.ist

Hilangkan Identitas, Suharso Monoarfa Didemo Kader Penyelamat PPP

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:01 WIB
FRONT Kader Penyelamat Partai (FKPP) berunjukrasa menentang pernyataan Ketum PPP Suharso Monoarfa yang akan meninggalkan identitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya