Senin 06 Juni 2022, 18:57 WIB

Survei SPIN : Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Ganjar Anies Masih Menguntit

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Survei SPIN : Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Ganjar Anies Masih Menguntit

Antara
Menhan Prabowo Subianto

 

DIREKTUR dan Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara kembali merilis hasil survei atau rekam jejak pendapat publik terkiat dengan dinamika politik sosial saat ini, salah satunya adalah soal persepsi publik terhadap calon Presiden di Pilpres 2024.

Menurut Igor, nyaris seluruh generasi Z maupun generasi Y sudah mengetahui sosok Prabowo Subianto. Mayoritas dari mereka mengaku suka terhadap sosok Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu.

"Hampir 100% gen Z dan milenial mengetahui sosok Prabowo dan ada 89,1% nya mengaku Suka terhadap sosok Prabowo," kata Igor dalam keterangan surveinya, Senin (6/6).

Tingkat popularitas dan likeabilitas Prabowo Subianto tersebut menurut Igor masih berada di atas nama-nama tokoh potensial bakal calon presiden lainnya, baik Ganjar Pranowo maupun Ridwan Kamil.

"Ganjar lebih banyak diketahui oleh dua generasi ini sebanyak 88,1% daripada Ridwan Kamil 87,7%. Tetapi likeabilitasnya berada di bawah Ridwan Kamil 70,4%," terangnya.

Jika diukur elektabilitas, generasi Z dan generasi Y yang notabane adalah milenial memiliki kecenderungan mendukung Prabowo Subianto

Bahkan tingkat elektabilitasnya masih lebih unggul jika dibanding dengan calon-calon Presiden lainnya yang mungkin akan berkontestasi di Pemilu 2024.

"Andai Pemilu dilaksanakan hari ini, ada 27,7% gen Z dan Y yang memilih Prabowo menjadi Presiden berikutnya," terangnya.

Posisi Prabowo juga masih sangat unggul jika dibandingkan dengan nama Ganjar dan Anies yang digadang-gadang sebagai lawan politik di Pilpres 2024.

"Baik Ganjar dan Anies masih tetap menguntit masing-masing dengan perolehan 15,5% dan 14,1%. Survei yang menjadikan populasi sasarannya gen Z dan gen milenial ini mungkin dapat dijadikan gambaran posisi keterpilihan Capres dengan struktur usia penduduk Indonesia yang lebih heterogen lagi (Gen X, Baby Boomer dan Pre Baby Boomer)," pungkasnya.

Lebih lanjur, Igor menilai bahwa generasi Z dan Y memiliki sisi rasionalitas. Sehingga mereka akan sangat hati-hati jika memilih calon pemimpin, khususnya Pilpres 2024.

"Gen Z dan Gen Y (Milenial) akan memilih calon Presiden (Capres) 2024 yang bisa menjamin masa depan mereka seperti ketersediaan lapangan pekerjaan. Mereka butuh pekerjaan dan berharap perekonomian Indonesia membaik," jelas Igor.

Sementara itu, generasi muda Indonesia itu menilai bahwa Prabowo Subianto mampu mengurai masalah dan sanggup mengatasinya.

"Prabowo dipandang adalah sosok yang dianggap mampu menjawab tantangan tersebut. itu sebab dalam survei SPIN ini Prabowo memeroleh dukungan tertinggi dari kalangan Gen Z dan Gen Y," tegasnya.

Sekedar diketahui, bahwa berdasarkan rentang usia ini menunjukkan, bahwa ketika menggunakan klasifikasi Wiliam H Frey dikenal dengan Generasi Z (8-24 tahun) dan Generasi Y/Milenial (25-39 tahun).

Struktur usia penduduk Indonesia dari dua generasi ini mendominasi dengan 53,81% (sensus BPS 2020) sehingga perlu untuk diketahui bagaimana persepsinya terhadap politik pemerintahan.

Survei SPIN dilakukan pada 11-21 Mei 2022 dengan total responden 1.230 orang. Populasi sasarannya hanya kelompok usia Gen Z dan Gen Milenial dengan usia minimal 16 tahun dan akan 17 tahun hingga 39 tahun pada tahun 2023.

Sebaran sampel berada di 34 provinsi, dengan teknik sampel menggunakan multi-stage random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar 2,8 persen. Teknik pengumpulan data dengan wawancara langsung dan kontrol kualitas 10 persen dari sampel. (Ant/OL-8)

 

Baca Juga

Ist/DPR

Aboe Bakar Al Habsyi Apresiasi Kapolri Bubarkan Satgasus Polri

👤mediandonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 13:55 WIB
Anggota Komisi III DPR RI Habib Aboe Bakar Al Habsyi mengapresiasi langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang telah menghentikan...
Antara

Kuasa Hukum Sebut Istri Ferry Mursyidan Baldan Dikriminalisasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 13:01 WIB
Bareskrim Polri menetapkan istri eks Menteri ATR/BPN Ferry Mursyidan Baldan yakni Hanifah Husein sebagai...
ANTARA/M Risyal Hidayat

Kuasa Hukum Klaim Bharada E tidak Bisa Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana karena Dipaksa

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 11:35 WIB
"Klien saya tidak bisa dibilang dengan sengaja, karena apa? Dia (Bharada E) waktu kejadian itu di bawah tekanan dan dia tidak ada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya