Kamis 28 April 2022, 11:23 WIB

Anggota DPR: Merak-Bakauheni Perlu Perhatian Serius Saat Mudik

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Anggota DPR: Merak-Bakauheni Perlu Perhatian Serius Saat Mudik

DOK DPR RI
Anggota Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo.

 

ANGGOTA Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo menilai penyeberangan Merak-Bakauheni perlu perhatian serius selama periode mudik Lebaran 2022.

''BMKG sudah mengeluarkan peringatan tentang meningkatnya aktivitas erupsi Gunung Anak Krakatau. Dan ini berpotensi berdampak pada kelancaran dan keselamatan di penyeberangan Merak-Bakauheni,'' kata Sigit Sosiantomo dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (28/4).

Hal yang perlu diantisipasi, kata dia, bukan hanya soal kemacetan akibat padatnya pemudik, tapi juga kesiapsiagaan menghadapi
potensi bencana kalau terjadi letusan gunung Anak Krakatau. Sigit pun meminta masyarakat dan pemudik mewaspadai potensi bencana di malam hari akibat erupsi Anak Krakatau. Sigit menganjurkan pemudik untuk melakukan penyeberangan di siang hari.

Sementara itu, untuk mengatasi kemacetan di Bakauheni, Sigit berharap Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan ASDP berkoordinasi untuk membahas kemungkinan penambahan jadwal penyeberangan dengan menambah armada kapal feri yang melayani penyeberangan di Selat Sunda itu.

Baca Juga: Anggota DPR Desak Kemenkes Segera Laksanakan Putusan MA Soal Vaksin Boster Halal
   
''Jumlah kapal yang dioperasikan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak berjumlah 27 kapal dari 68 kapal yang siaga atau naik 17% dari 2019. Sementara, di Selasa lalu saja pemudik dengan kendaraan pribadi sudah melonjak lebih dari 42%,'' katanya.

Hal itu, menurut dia, artinya antrean mendapat kapal untuk menyeberang akan panjang dan macet.''Untuk tiket Kamis ini saja sudah habis terjual dan baru tersedia untuk keesokan harinya. Karena itu, ini harus menjadi perhatian,'' kata Sigit. (Ant/OL-10)

Baca Juga

MI/HO

KUHP Baru: Hukum Pidana Cerminan Jati Diri Bangsa

👤Muhamad Fauzi 🕔Kamis 02 Februari 2023, 06:25 WIB
GURU Besar Hukum Pidana UI Prof Dr Harkristuti Harkrisnowo SH MA, KUHP baru Indonesia segera memasuki era hukum pidana yang lebih sesuai...
MI/Susanto

Dongkrak Indeks Korupsi, Kejagung Gencarkan Pengusutan Kasus

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 01 Februari 2023, 21:31 WIB
Salah satu terobosan yang dilakukan penyidik Kejagung adalah membuktikan kerugian perekonomian negara dalam dua perkara korupsi pada tahun...
Dok. Bawaslu.go.id

Bawaslu Kalteng Temukan Dugaan Dukungan Ganda Bacalon DPD RI

👤Antara 🕔Rabu 01 Februari 2023, 20:42 WIB
Bawaslu Kalteng Temukan Dugaan Dukungan Ganda Bacalon DPD...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya