Rabu 27 April 2022, 17:00 WIB

Survei Indikator Publik Nasional: Prabowo Paling Terkenal dan Disukai Publik

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Survei Indikator Publik Nasional: Prabowo Paling Terkenal dan Disukai Publik

Antara
Menhan Prabowo Subianto

 

LEMBAGA survei Indikator Publik Nasional merilis hasil survei nasional untuk membaca potensi nama-nama tokoh yang digadang-gadang akan maju dalam Pilpres 2024.

"Nama Prabowo Subianto menjadi sosok yang paling terkenal dan paling disukai oleh publik. Popularitas Prabowo Subianto berada di 91,3 persen dengan tingkat kesukaan 77,2 persen," kata peneliti senior IPN, Ike Sihotang, dalam rilis survei secara virtual, Rabu (27/4).

Sementara popularitas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno hanya 90,5% dengan tingkat likeabilitas 69,9%. Kemudian popularitas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 81,1% dengan likeabilitas 57,7%. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) popularitasnya 80,0% dengan likeabilitas hanya 24,3%. 

Lalu, ada popularitas Puan Maharani 77,8% namun hanya disukai sebanyak 30,6%. Keterkenalan Agus Harimurti Yudhoyono hanya 76,2% dengan likeabilitas 34,4%. 

Selanjutnya, muncul nama Sri Mulyani Indrawati dengan tingkat popularitas 75,0% dengan likeabilitas hanya 31,9%. Kemudian Mohammad Mahfud MD memiliki popularitas 73,3% dengan likeabilitas 32,2%.

Dari nama-nama tokoh di atas, ternyata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil memiliki tingkat popularitas lebih sedikit. Popularitas Ganjar 73,9% dengan likeabilitas 50,7%. Dan popularitas Ridwan Kamil 70,7% dengan likeabilitas 50,1%.

Ike membeberkan alasan nama Prabowo lebih unggul di mata publik. Publik menganggap Prabowo memiliki kecakapan dalam menjalankan tugasnya secara profesional. 

"Prabowo berhasil menunjukkan sikap-sikap politiknya dengan sempurna dan menjaga keseimbangan terhadap isu-isu utama yang menjadi perhatian publik," jelasnya.

Survei IPN diselenggarakan dalam rentang waktu 17-27 Maret 2022 dengan melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi di Indonesia. Survei menggunakan metodologi multistage random samping dengan Margin of Error (MoE) 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan responden dengan bantuan kuesioner. (OL-8)

Baca Juga

Antara

Halangi Penyidikan Korupsi Surya Darmadi, Kejagung Periksa Satu Saksi

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:42 WIB
Saksi tersebut merupakan petinggi di perusahaan milik Surya Darmadi. Diketahui, Surya telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus...
MI/ M Irfan

Duet Jaksa Agung dan Erick Thohir Wujudkan Komitmen Jokowi Beratas Korupsi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:24 WIB
Dalam pidatonya, Jokowi mengungkapkan bahwa pemberantasan korupsi terus menjadi prioritas...
Dok MI

Bawaslu: Sudah Ada Partai Ajukan Sengketa Proses

👤Indriyani Astuti 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:23 WIB
Partai yang mengajukan permohonan sengketa, ujar Lolly adalah Partai Berkarya. Terhadap laporan itu, imbuhnya, Bawaslu akan mendalami dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya