Senin 25 April 2022, 17:46 WIB

Penyelamatan Garuda Indonesia Langkah Erick Thohir Jaga Kehormatan Bangsa

Widhoroso | Politik dan Hukum
Penyelamatan Garuda Indonesia Langkah Erick Thohir Jaga Kehormatan Bangsa

ANTARA
Ilustrasi

 

MENTERI BUMN Erick Thohir mendapatkan dukungan penuh dari Panitia Kerja (Panja) Komisi VI DPR untuk menyelematkan PT Garuda Indonesia (Persero) dari keterpurukan. Hal itu dinilai pengamat politik Surokim Abdussalam sebagai langkah yang diambil Erick Thohir untuk bisa menjaga kehormatan bangsa.

"Langkah penyelamatan ini sekali lagi strategis dan harus terus dijaga ke depannya. Karena Garuda Indonesia ini BUMN yang sangat dekat dengan nilai kehormatan bangsa,” ujar Surokim, Senin (25/4).

Sebelumnya, Erick Thohir terus melakukan berbagai upaya dalam penyelamatan Garuda Indonesia agar bisa bangkit dari keterpurukan. Mulai dari merestrukturisasi besar-besaran, melakukan transparansi, melaporkan kasus dugaan korupsi, membatasi rute penerbangan yang tak menguntungkan, hingga melakukan renegoisasi ulang dengan para pihak lessor pesawat.

Surokim menilai langkah-langkah yang diambil oleh Erick Thohir dari awal hingga mendapatkan dukungan dari DPR dalam upaya penyelamatan Garuda Indonesia adalah hal yang patut dibanggakan. Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC) ini melanjutkan, dengan adanya kesepakatan yang ditekan oleh kedua belah pihak, tentu akan semakin mempermudah langkah-langkah yang telah dibangun oleh Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini dalam upaya menyelesaikan kasus Garuda Indonesia.

Sehingga ke depan, Garuda Indonesia dapat kembali menjadi perusahaan yang sehat dan tumbuh secara berkelanjutan serta maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Indonesia. “Mencermati kondisi maskapai Garuda Indonesia tentu saja tidak sekedar urusan bisnis semata, tetapi juga ada power simbolik, ada juga sensitifitas nasionalisme di sana," tutur Surokim.

“Jika ada ikhtiar penyelamatan, maka hal itu sekali lagi tidak sekadar urusan bisnis, tetapi juga soal dignity (harga diri) kehormatan bangsa,” imbuhnya.

Dengan berbagai rekomendasi dari Panja, seperti business plan, optimalisasi rute, jumlah dan tipe pesawat, implementasi penurunan lease rate serta peningkatan kargo dan pendapatan lainnya, diyakini akan membantu transformasi Erick Thohir di dalam tubuh Garuda Indonesia. Surokim optimis Anggota Kehormatan Banser ini bisa menyelamatkan maskapai pelat merah tersebut sekaligus kedaulatan jasa penerbangan Indonesia. "Singkat kata, upaya penyelamatan Garuda Indonesia sebenarnya juga penyelamatan harga diri bangsa," tutup Surokim. (RO/OL-15)

Baca Juga

Ilustrasi

Kebutuhan Hakim Agung Belum Terpenuhi, KY Harus Seleksi Kembali

👤Indriyani Astuti 🕔Kamis 30 Juni 2022, 20:57 WIB
Menurutnya, apabila MA masih dapat menangani beban perkara akibat posisi hakim agung yang belum terisi, tidak...
Antara

900 Hari Masuki Buron, KPK Akui Sudah Maksimal Mencari

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Kamis 30 Juni 2022, 20:53 WIB
Harun menjadi buronan setelah menghilang usai ditetapkan menjadi tersangka pada 9 Januari...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Soroti Mahalnya Biaya Politik, KPK: Jadi Gubernur Rp100 Miliar

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Kamis 30 Juni 2022, 20:28 WIB
Alex mengatakan biaya yang besar itu memberatkan para calon. Apalagi, proses kampanye tidak ada yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya