Senin 07 Maret 2022, 10:35 WIB

TNI AU Tidak Bisa Bergantung pada Alutsista Saja

 Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
TNI AU Tidak Bisa Bergantung pada Alutsista Saja

ANTARA FOTO/Dispenau
Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat mengikuti upacara HUT TNI AU Ke-75 di Mabes TNI AU, Cilangkap, Jakarta, Jumat (9/4/2021)

 

KEPALA Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menegaskan bahwa tantangan di masa depan akan semakin berat dan kompleks. Itu tidak bisa dihadapi hanya dengan mengandalkan alutsista saja tetapi juga pendayagunaan sumber daya manusia (SDM) yang optimal.

"Ini adalah satu hal yang fundamental. Tantangan masa depan tidak cukup hanya dihadapi dengan akusisi alutsista modern saja. Lebih dari itu, kita butuh formulasi manajemen organisasi serta pendayagunaan SDM secara tepat," ujar Fadjar di Gedung Ardhya Loka, Jakarta, Senin (7/3).

Secanggih apapun alutsista yang dimiliki, lanjut dia, faktor utama penentu keberhasilan tetaplah para prajurit. Oleh karena itu, sebagai salah satu domain yang paling menentukan dalam kegiatan pertahanan negara, TNI AU harus mampu menyiapkan SDM secara mumpuni.

"Pada akhirnya tidak peduli secanggih apapun alutsista tempur yg kita miliki, unsur manusia jugalah yang menjadi faktor penentu keberhasilan negara. SDM harus terus mengikuti dan beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi," ucap Fadjar..

Hal tersebut pun sesuai arahan Presiden Joko Widodo pada Rapat Pimpinan TNI Polri pekan lalu. Kepala negara ingin dua institusi keamanan itu menyiapkan SDM unggul yang tidak hanya mengandalkan kekuatan saja tetapi juga kecerdasan terutama terkait teknologi digital.

"Talenta digital sangat dibutuhkan untuk menghadapi era disrupsi dan tantangan global yang semakin kompleks di masa depan," tandasnya. (Pra/OL-09)

Baca Juga

Medcom

Tindaklanjuti Pemilu 2024, Komisi II Agendakan RDP dengan KPU

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 04 Juli 2022, 04:45 WIB
“RDP nanti terkait dengan rancangan Peraturan KPU (PKPU), pendaftaran, verifikasi, dan penetapan calon partai politik (parpol)...
Dok pribadi

Leter C Kerap Jadi Alat Bukti Kendati Tidak Ada yang Asli

👤Media Indonesia 🕔Minggu 03 Juli 2022, 22:50 WIB
KASUS perdata yang menyangkut masalah pertanahan tak lepas dari masih digunakannya alat bukti hak-hak lama seperti Leter C atau...
Antara

KPU Berkomitmen Perkuat Literasi Pemilih

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 03 Juli 2022, 22:09 WIB
Menurut Komisioner KPU, Idham Holik, pendidikan pemilih itu merupakan hak politik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya