Minggu 06 Februari 2022, 08:10 WIB

Tinjau Pameran 7.100 Produk UMKM Bandung, Gus Muhaimin: Kualitas Oke, Tinggal Pemasaran

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Tinjau Pameran 7.100 Produk UMKM Bandung, Gus Muhaimin: Kualitas Oke, Tinggal Pemasaran

DOK DPR RI
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar.

 

WAKIL Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Bandung yang serius mempertahankan eksistensi kuliner tradisional melalui pemberdayaan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Tak tanggung-tanggung, ada 7.100 produk berbagai jenis yang serius digeluti masyarakat setempat dan dipamerkan dalam Gelar Produk IKM dan Peninjauan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bandung di DOM Bale Rame, Pamekaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (5/2/2022).
 
“Saya bersyukur bisa melihat 7.100 produk UMKM Bandung, luar biasa. Dari makanan, minuman sampai pakaian ada. Ini luar biasa dan harus terus dikembangkan,” kata Gus Muhaimin. 

Tak hanya meninjau, Gus Muhaimin juga menyempatkan diri mencicipi sejumlah produk UMKM Kabupaten Bandung, seperti Sumadira, Bude Gobang Golon, Ladaoi, hingga produk-produk pakaian dan batik. “Saya sudah coba semua, kualitas dan kemasan semua oke, coba lihat ini (sambil menunjukkan salah satu produk UMKM). Tinggal pemasarannya saja, jaringan pasar, jaringan konsumen ini yang harus dikejar,” tutur Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) itu. 

Baca Juga: Penyelenggaraan Haji Masih Tunggu Kepastian, Pemerintah Harus Beri Penjelasan ke Masyarakat

Gus Muhaimin juga sempat mencicipi kopi cokelat produk UMKM Bandung bermerk Coffee Bean. Ia berujar warga Bandung dan Indonesia secara umum patut bangga karena Coffee Bean sudah diputuskan menjadi salah satu oleh-oleh pemimpin negara-negara G20. 

“Ini bahkan Coffee Bean, kopi cokelat, ini sudah diputuskan menjadi salah satu pengisi godybag di acara G20, pertemuan negara-negara maju 20 kepala negara di Bali yang akan datang. Selamat kepada Kabupaten Bandung, luar biasa,” tukas Gus Muhaimin.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyatakan, kualitas produk UMKM tersebut tak kalah dari produk-produk pabrikan. Meski demikian Gus Muhaimin mengakui jika pemasaran produk-produk itu perlu lebib dioptimalkan lagi. “Dari sisi kualitas produk sudah sangat layak diadu di tingkat nasional maupun internasional. Tinggal satu, pemasaran. Pemasaran membutuhkan keberanian, pemasaran membutuhkan keterampilan. Karena itu mari kita bahu membahu mengoptimalkannya,” tegas Gus Muhaimin.

Di sisi lain, Gus Muhaimin menyebut eksistensi UMKM dengan ragam produk khas suatu daerah dapat mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi. Tidak hanya dalam skala lokal, tapi bisa juga berdampak pada perekonomian nasional jika dikelola dengan baik. Turut hadir Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, Bupati Bandung Dadang Supriatna, Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal, Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, Anggota DPRD Jawa Barat dan Kabupaten Bandung, serta puluhan pelaku UMKM Bandung. (RO/OL-10)

Baca Juga

Ilustrasi

Formappi Sebut Respon DPR Lamban pada Kasus Tewasnya Brigadir J

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 15:55 WIB
Albert menjelaskan sebagai mitra kerja Polri, Komisi III mestinya bisa menggunakan peran pengawasannya untuk membongkar kasus...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Berkoalisi dengan Gerindra, Cak Imin Ingin Rebut Kekuasaan di 2024

👤Putra Ananda 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 15:07 WIB
"Terutama insyaAllah 2024 kita akan rebut kekuasaan untuk kemakmuran dan kesejahteraan Indonesia," ungkap Cak...
MI/Ramdani

Pengamat : Prabowo Raih Keuntungan Elektoral dari PKB

👤Putra Ananda 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 15:04 WIB
Sebagai mesin politik, PKB memiliki infrastruktur yg bisa menjadi variabel komplementer buat Prabowo, mengingat basis NU di dua pemilu lalu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya