Kamis 09 Desember 2021, 12:05 WIB

Pendaftaran Calon Hakim Agung dan Tipikor Masih Dibuka

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Pendaftaran Calon Hakim Agung dan Tipikor Masih Dibuka

MI/Susanto
Ketua Bidang Rekrutmen Hakim Komisi Yudisial (KY) Siti Nurdjanah

 

KOMISI Yudisial (KY) masih membuka pendaftaran seleksi calon hakim agung (CHA) dan calon hakim ad hoc Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) secara daring hingga Jumat (10/12). Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY Siti Nurdjanah mengatakan hingga Rabu (8/12), sebanyak 55 orang pendaftar mengonfirmasi untuk calon hakim agung dan 13 orang pendaftar untuk calon hakim ad hoc Tipikor.

"KY telah menerima 175 orang pendaftar aktif yang 55 orang di antaranya telah konfirmasi menyelesaikan registrasi secara lengkap. Sementara untuk calon hakim ad hoc Tipikor di MA ada sebanyak 71 orang pendaftar aktif yang 13 orang di antaranya konfirmasi menyelesaikan registrasi secara lengkap," ujar dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/12).

Adapun pendaftar calon hakim agung berdasarkan jenis kamar yang dipilih yaitu, 7 orang untuk kamar Perdata, 28 orang kamar Pidana, 17 orang kamar Agama, dan 3 orang kamar Tata Usaha Negara, khusus pajak.

Berdasarkan jenis kelamin, lanjut Nurdjanah, pendaftar seleksi calon hakim agung didominasi laki-laki sejumlah 48 orang dan 7 orang perempuan. Sementara jenis pendidikan, ada 1 orang bergelar sarjana, 25 orang bergelar magister, dan 29 orang bergelar doktor.

"Dilihat dari profesinya, mayoritas adalah hakim yaitu 47 orang. Ada akademisi berjumlah 3 orang, jaksa 1 orang, pengacara 2 orang dan profesi lainnya 2 orang," jelas Nurdjanah.

Baca juga: Tuntutan Hukuman Mati Kasus Asabri Bisa Risaukan Investor

Untuk hakim ad hoc Tipikor MA, imbuh dia, ada 13 orang pendaftar konfirmasi yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Berdasarkan jenis pendidikan, ada 2 orang bergelar sarjana, 6 orang bergelar magister, dan 5 orang bergelar doktor.

"Adapun profesi pendaftar ad hoc Tipikor MA yaitu 3 orang hakim, 3 orang akademisi 1 orang jaksa, 4 orang pengacara dan 2 berprofesi lainnya," lanjut Nurdjanah.

Pada seleksi 2021, ujar Nurjanah, ada 8 posisi calon hakim agung yang dicari. Posisi yang diisi 1 orang di kamar perdata, 4 orang di kamar pidana, 1 orang untuk kamar agama, dan 2 untuk kamar tata usaha negara khusus pajak, dan 3 orang untuk ad hoc Tipikor.

"Pendaftaran seleksi CHA dan hakim ad hoc Tipikor di MA dilakukan secara daring melalui situs www.rekrutmen.komisiyudisial.go.id. KY menegaskan tidak melayani pendaftaran secara langsung," pungkas Nurdjanah. (Ind)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Dijemput Paksa, Polisi Sebut Haris Azhar dan Fathia Tak Hadir di Pemeriksaan

👤 Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 18 Januari 2022, 11:28 WIB
Kombes Auliansyah Lubis menuturkan penyidik Ditkrimsus Polda Metro Jaya telah membawa Surat Perintah untuk membawa dan menghadirkan...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Koordinator KontraS Fathia dan Haris Azhar Mengaku Dijemput Paksa Polisi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 18 Januari 2022, 11:11 WIB
Rivan Lee Ananda mengatakan Fatia dan Haris didatangi empat-lima polisi di kediamannya masing-masing untuk dibawa ke Polda Metro...
MI/Adam Dwi

NasDem Tantang Fraksi Lain Tuntaskan RUU TPKS

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 18 Januari 2022, 08:10 WIB
ANGGOTA Komisi I DPR Hillary Brigitta Lasut menantang semua fraksi di DPR RI, untuk menuntaskan pembahasan Undang-undang (RUU) Tindak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya