Senin 06 Desember 2021, 00:40 WIB

Survei Indikator: Duet Ganjar-Erick Kandidat Terkuat Pilpres 2024

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Survei Indikator: Duet Ganjar-Erick Kandidat Terkuat Pilpres 2024

Dok Pemprov Jateng
Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

 

INDIKATOR Politik Indonesia melakukan simulasi perseorangan tapi juga terhadap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang berpeluang maju di Pilpres 2024. Berdasarkan hasil simulasi tersebut belum terlihat ada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang dominan atau menonjol.

Dalam simulasi yang dilakukan Indikator terdapat tiga poros pasangan capres dan cawapres. 
Ada tiga pasangan dalam skenario pertama yakni Anies Baswedan-Erick Thohir, Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto dan Prabowo Subianto-Puan Maharani

"Kifa enggak tahu lagi siapa yang unggul karena perbedaannya sangat tipis tiga pasangan ini," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi lewat rilis resmi, Minggu (5/12).

Pasangan Prabowo-Puan keluar sebagai pemenang dengan dukungan 29,6%. Masih terpaut tipis dengan urutan kedua Ganjar-Airlangga dengan dukungan 28,8%, serta Anies-Erick 28,2%. Responden tidak menjawab atau tidak tahu sebesar 13,5%.

Simulasi kedua, indikator menduetkan Anies Baswedan dengan Menparekraf Sandiaga Uno, menghadapi Ganjar Pranowo yang dipasangkan dengan Erick Thohir, serta pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani. Hasilnya, Ganjar-Erick mendapatkan dukungan tertinggi dengan angka 31,1%. Namun, hanya terpaut tipis dengan Anies-Sandiaga yang mendapat dukungan 30,8%, juga Prabowo-Puan yang didukung 28,1%. Sementara yang tidak menjawab atau tidak tahu sebesar 10%.

"Pada simulasi 3 pasangan, dukungan Ganjar-Erick 31,1% berimbang dengan Anies-Sandi 30,8%, baru kemudian Prabowo-Puan 28,1%," pungkas Burhanuddin

Indikator Politik Indonesia melakukan survei tatap muka pada 2-6 November 2021. Penarikan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan jumlah responden mencapai 2.020 orang. Survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Pada kesempatan terpisah, Relawan Indonesia Moeda mendukung Erick pada Pilpres 2024. Koordinator Nasional Relawan Indonesia Moeda, Bambang Priakusuma mengatakan Erick Thohir merupakan tokoh panutan para pemuda dan bakal mampu memajukan Indonesia. 

Bambang mengungkapkan Relawan Indonesia Moeda adalah kumpulan para pemuda berlatar belakang pengusaha, aktivis, dan profesional. Menurut Bambang, deklarasi dukungan kepada Erick Thohir dilatarbelakangi sosok Erick yang mempunyai rekam jejak pergaulan pada tingkat nasional maupun internasional. (Ant/OL-8)

Baca Juga

DOK PKN.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara Serah SK Pimda NTT

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 17:07 WIB
Tanpa diduga, penyerahannya justru dilakukan bersamaan dengan pengesahan UU IKN dan sahnya nama Nusantara sebagai nama Ibu Kota Negara yang...
Antara

Prabowo Sebut Kemenhan Telah Audit Kasus Pengadaan Satelit

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 20 Januari 2022, 16:24 WIB
Kejagung telah memeriksa 11 orang, baik dari pihak swasta maupun Kemenhan, selama proses...
Ist/Wikipedia

Prabowo Sebut Pengadaan Jet Tempur Rafale Tinggal Aktifkan Kontrak

👤 Tri Subarkah 🕔Kamis 20 Januari 2022, 16:05 WIB
Menhan Prabowo Subianto mengatakan pengadaan pesawat jet tempur Dassault Rafale untuk TNI Angkatan Udara hanya menunggu pengaktifan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya