Jumat 12 November 2021, 13:43 WIB

Airlangga-Anies Lebih Mungkin Terjadi daripada Airlangga-Ganjar

RO/Micom | Politik dan Hukum
Airlangga-Anies Lebih Mungkin Terjadi daripada Airlangga-Ganjar

Dok pribadi
.

 

PENGAMAT Komunikasi Politik Universitas Indonusa Esa Unggul Jakarta Jamiluddin Ritonga mengatakan kemungkinan terjadinya pasangan antara Airlangga Hartarto dan Ganjar memang ada. Namun menurut dia, kemungkinan itu kecil terjadi.

"Nah di sini masalah, apakah memang Airlangga akan dipasangkan dengan Ganjar seperti disampaikan Nurdin Halid? kemungkinan kecil, tapi kemungkinan besar Airlangga dipasangkan dengan Anies atau Emil," ujar Jamiluddin, Jumat (12/11). 

Jika dilihat dari hasil Munas Golkar yang sepakat untuk mengusung Airlangga sebagai calon presiden, menurut Jamiluddin, Golkar akan kesulitan untuk berpasangan dengan calon dari PDI-P. Menurutnya, perolehan suara partai PDI-P lebih tinggi dibanding Golkar pada Pemilu 2019.

"Logikanya, partai lebih tinggi, lebih berhak usung capres dan partai lebih rendah harus tahu diri pada cawapres. Kalau logika itu yang digunakan, Golkar kalau duet sama PDI-P, maka Golkar hanya cawapres. Itu tidak diinginkan Golkar karena Munas mereka sudah tetapkan usung Airlangga," jelas Jamiluddin.

Jamiluddin memprediksi, PDI-P justru akan membangun poros dengan Gerindra. Menurutnya, poros ini akan mengusung Prabowo-Puan pada kontestasi presiden 2024 mendatang. Jamiluddin bahkan mengatakan bahwa dirinya tidak heran dengan adanya poros PDI-P dan Gerindra.  

Jamiluddin meyakini, masuknya Prabowo ke dalam kabinet Jokowi merupakan hasil kesepakatan antara partai PDI-P dan Gerindra.

"Kalau saya lihat memang dari jauh hari sejak Prabowo masuk kabinet, memang sudah ada info bahwa Prabowo dan Mega ada _deal_, yaitu PDI-P akan usung Prabowo kalau Prabowo mau masuk kabinet Jokowi," tutur Jamiluddin.

Poros selanjutnya menurut Jamiluddin adalah partai menengah, seperti PKS bersama Demokrat dan kemungkinannya juga akan ada PAN atau PPP. Sepenglihatannya, akan ada kemungkinan diusungnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Anies Baswedan, dan bahkan Ridwan Kamil. (J-1) 

Baca Juga

Dok TPNPB-OPM

Setelah Bunuh Pekerja Proyek Trans Papua, TPNPB Bakar Kantor Distrik Paniai

👤Emir Chairullah 🕔Jumat 30 September 2022, 23:26 WIB
Sebby menambahkan, pihaknya akan terus melakukan penyerangan terhadap fasilitas umum yang ada di...
MI/Moh Irfan

Polri Tetapkan 10 Tersangka dalam Kasus Perjudian Kelas Atas

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Jumat 30 September 2022, 23:12 WIB
Adapun 10 tersangka dalam kasus perjudian kelas atas diketahui masih berada di luar negeri. Polri kemudian memasukkan 10...
MI/M Irfan

Jenderal Andika dan Jenderal Dudung Saling Melengkapi

👤Media Indonesia 🕔Jumat 30 September 2022, 22:10 WIB
KEHADIRAN Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman saat rapat kerja dengan Komisi I DPR RI (26/9) membuktikan tak ada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya