Kamis 04 November 2021, 17:05 WIB

Kongres Pemuda Asia Afrika Bahas Isu Covid-19 dan Kontribusi Pemuda

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Kongres Pemuda Asia Afrika Bahas Isu Covid-19 dan Kontribusi Pemuda

dok.medcom.id
Ilustrasi

 

KONGRES Pemuda Asia Afrika akan dilaksanakan pada 16-19 Desember 2021, di Bandung. Para pemuda Asia Afrika diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat Asia Afrika dan dunia, salah satunya dampak dari COVID-19.

"Pertemuan para pemuda dari Asia dan Afrika nantinya diharapkan selain semakin mempererat hubungan, juga mampu berkolaborasi dan berperan aktif serta berkontribusi atas penyelesaian masalah kontemporer (problem solver),” tutur Presiden Pemuda Asia Afrika, Beni Pramula, dalam keterangannya, Kamis (4/11).

Dia menyebut, COVID-19 menjadi momok sendiri tidak terkecuali di Asia dan Afrika. Para pemuda Asia Afrika kedepannya diharapkan memiliki peran nyata oleh masyarakat dalam permasalahan wabah ini.

Sementara, Penasehat Pemuda Asia Afrika, Tan Taufiq Lubis mengungkapkan momentum pertemuan generasi muda diharapkan mampu memaknai kembali semangat lahirnya Konferensi Asia Afrika 1955. Hal tersebut relevan dengan kondisi saat ini untuk diperjuangkan dan diwujudkan, apalagi dihubungkan dengan nilai-nilai kemanusian.

“Kita, para pemuda, harus bisa mewujudkannya dalam bentuk nyata, dalam kehidupan masyarakat Internasional, antara kedua kawasan dengan turut andil menyelesaikan persoalan kemanusian dan kedaulatan sebagaimana dulunya konsepsi Dasasila Bandung yang pastinya berujung pada kesejahteraan dan keadilan,” ujar Tan Taufiq Lubis.

Ketua Panitia Kongres Pemuda Asia Afrika 2021, Saddam Al-Jihad menambahkan, agenda kegiatan telah dikomunikasikan ke pemuda di setiap negara baik Asia dan Afrika. Agenda kali ini, digelar dalam konse hybrid dan ada sebanyak 50 negara serta 500 peserta yang hadir.

“Kongres Pemuda Asia Afrika 2021 akan dilaksanakan 16-19 Desember di Bandung. Sedangkan karantina bagi partisipan internasional dilakukan dari tanggal 11-15 Desember 2021. Untuk menghindari atau mencegah penyebaran COVID-19 aturan pemerintah wajib kita patuhi,” ujarnya.

Saddam menyebut, persiapan sudah dilakukan sekitar 80 persen. Dia berharap, kedepannya Pemuda Asia Afrika bisa berkontribusi dalam sektor kemanusiaan, ekonomi, dan pendidikan pada kawasan Asia dan Afrika.

Ketua Umum KNPI Jawa Barat yang juga Staf Khusus Gubernur Jawa Barat, Ridwansyah Yusuf menjelaskan, Pemprov Jawa Barat sudah bersedia turut andil mendukung dan mensukseskan kegiatan konferensi internasional tersebut. Serta mengajak pihak-pihak terkait termasuk pemuda Jawa Barat untuk terlibat juga.

“Pemprov Jawa Barat dan pihak-pihak terkait siap melancarkan dan mensukseskan kegiatan ini. Para pemuda Jabar juga akan kita libatkan. Kami harap, Bandung bukan hanya dikenal ramah pemuda skala nasional, tetapi juga skala Internasional. Kami menunggu kedatangan para peserta dari berbagai negara,” pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Prestasi Menembak Dirut PT Timah Tbk Harumkan Babel

Baca Juga

Dok Setpres Biro Pers

Kebijakan Reforma Agraria Jokowi Solusi Tuntaskan Persoalan Tanah

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 12:46 WIB
Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta adanya sistem aplikasi yang dapat mempermudah dan mempercepat penerbitan sertifikat...
ANTARA/Sigid Kurniawan

Komnas HAM Cari Bukti Perintangan Penyidikan di Rumah Dinas Ferdy Sambo

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Senin 15 Agustus 2022, 11:29 WIB
Anam mengatakan pihaknya ditemani tim dokter kesehatan, balistik, dan siber Polri saat menyambangi rumah dinas...
ANTARA/Reno Esnir

Usut Insiden Pemicu Tewasnya Brigadir J, Timsus Bertolak ke Magelang 

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 15 Agustus 2022, 10:58 WIB
Keberangkatan timsus ke Magelang guna meminta keterangan kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya