Jumat 29 Oktober 2021, 18:30 WIB

Pimpinan DPR Dukung Pemerintah Hapus Cuti Bersama Natal dan Tahun Baru

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Pimpinan DPR Dukung Pemerintah Hapus Cuti Bersama Natal dan Tahun Baru

DOK DPR RI
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. 

 

PIMPINAN DPR RI mendukung langkah pemerintah untuk menghapus cuti bersama pada momentum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2021 ini. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dalam menanggapi SKB Tiga Menteri Nomor 712 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, dan Nomor 3 Tahun 2021 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2021. 

“Kami (DPR RI) mendukung langkah yang dilakukan pemerintah tersebut tentunya langkah diambil untuk melindungi rakyat Indonesia (dari pandemi Covid-19),” jelas Dasco ketika ditemui awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (27/10/2021). Menurutnya langkah ini diambil sebagai bagian dari pembelajaran dari pengalaman akhir tahun 2020 lalu.

Politisi Partai Gerindra itu menjelaskan adanya libur panjang akan mengakibatkan terjadinya kerumunan sehingga menyebabkan lonjakan kasus Covid-19. Sehingga, langkah antisipasi ini diperlukan untuk mencegah gelombang ketiga Covid-19 yang akan terjadi di akhir tahun. “Oleh karena itu, pemerintah melalui regulasi telah mengatur melalui SKB 3 menteri bagaimana tentang pengaturan libur Natal dan Tahun Baru ini,” tambah Dasco.

Baca Juga: Media Siaran Lokal Harus Mampu Sajikan Berita yang Jernih

Meskipun demikian, Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) ini turut mengingatkan bahwa regulasi tersebut perlu didukung oleh kesiapan aparat pemerintah yang ada di lapangan, terutama sosialisasi dini agar masyarakat siap mendukung kebijakan tersebut. 

“Tentunya kita berharap dengan adanya aturan ini dapat mencegah gelombang ketiga di mana kejadian yang ada di waktu lalu tidak kita kehendaki dapat terulang lagi, seperti rumah sakit penuh, kekurangan oksigen, dan kurangnya tenaga medis, dan sebagainya itu tidak terjadi lagi di Indonesia,” tambah Dasco. 

Selain telah diterbitkannya SKB 3 menteri tersebut, regulasi lainnya untuk mencegah lonjakan Covid-19 adalah melalui Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian ke Luar Daerah dan/atau Cuti bagi ASN Selama Hari Libur Nasional Tahun 2021. (RO/OL-10)

Baca Juga

Ist/Instagram

Kuasa Hukum Brigadir J Menuju Jambi Besok, Guna Legalitas Pelaporan PC

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:21 WIB
Martin Lukas Simanjuntak dan tim akan melaporkan Putri Candrawathi (PC), istri dari Irjen Ferdy Sambo, dalam dugaan membuat laporan...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Anies Ogah Ngomong Pencapresan sebelum Lengser dari Gubernur

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:16 WIB
Dalam upacara tersebut, Anies mengatakan, makna Kemerdekaan RI merupakan momentum untuk terus bersyukur, salah satunya dengan mengikuti...
Ist

IPW Sebut Perlawan Kubu Sambo ke Timsus Kapolri di Kasus Brigadir J Masih Ada

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:16 WIB
Sugeng menyebut perlawan dari kubu Sambo ini salah satunya dengan menyebar serangan isu negatif terhadap para personel Timsus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya