Kamis 28 Oktober 2021, 17:30 WIB

NasDem Persiapkan Mesin Partai Songsong Pemilu 2024

Putra Ananda | Politik dan Hukum
NasDem Persiapkan Mesin Partai Songsong Pemilu 2024

DOK Youtube CSIS Indonesia.
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

 

PARTAI NasDem mulai mempersiapkan mesin partai menyongsong pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 mendatang. Dalam rangka mempersiapkan mesin partai tersebut, NasDem menggelar pelaksanaan gelombang ke-2 workshop nasional Fraksi NasDem DPRD dari seluruh provinsi dan kabupaten kota se-Indonesia.

Workshop yang diikuti oleh seluruh anggota DPRD dari Fraksi Partai NasDem tersebut dibuka langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Ini kali pertama Surya Paloh kembali membuka secara langsung kegiatan NasDem pascapandemi covid-19. Sebelumnya, ia diwakili oleh Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali.

"Kita semua telah menyadari telah meletakkan komitmen bahwa kita berada di berada di partai ini karena ingin memperjuangkan idealisme kita, cita-cita kita bagaimana kita meneruskan sebuah harapan besar yang diletakkan founding father yang telah mengantarkan kita sebagai suatu bangsa yang merdeka untuk lebih mempercepat merealisasikan cita-cita bangsa ini," ujar Surya Paloh saat memberikan pidato politiknya di hadapan ratusan kader NasDem yang hadir memenuhi aula ruangan Hotel Red Top Pencenongan, Jakarta Pusat, Kamis (28/10).

Dalam kesempatan tersebut, Surya Paloh kembali mengingatkan kepada para kadernya bahwa NasDem sebagai institusi politik memiliki kewajiban untuk berkontribusi terhadap kemajuan bangsa. Arus perjuangan dari hulu sampai hilir dan masa depan bangsa ditentukan oleh seberapa besar kesadaran institusi resmi parpol membangun kesadaran anak-anak bangsa. "Sejak awal partai ini mengikuti pemilu pada 2014, Mahakuasa memberikan kesempatan meloloskan kadernya menjadi partai resmi dengan fraksi resmi di parlemen," ungkap Surya Paloh.

Oleh sebab itu, dikatakan oleh Surya Paloh bahwa penting bagi NasDem untuk memiliki kesiapan menghadapi Pemilu 2024. Sebagai ketua umum, Surya Paloh menilai wajar apabila dirinya menginginkan partainya untuk meraih perolehan suara yang baik dalam Pemilu mendatang. "Saudara-saudara semua tidak ada satu pun partai yang tidak punya cita-cita untuk bisa lebih membesarkan perolehan suara. Semua partai punya keinginan dan harapan. Semua partai berupaya dengan seluruh kemampuan dan kekuatan untuk bisa mengantarkan yang ingin dicapai," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Surya juga menegaskan bahwa mesin partai harus tetap hidup kendati Pemilu telah selesai. Itulah alasan NasDem hingga saat ini terus melakukan tahapan-tahapan konsolidasi secara internal di seluruh provinsi. Partai tidak bisa bekerja hanya di saat-saat awal Pemilu. "Jadi tidak bisa dia hanya menunggu di ujung. Bagaimana pun kerja dan mesin partai itu harus tetap hidup," paparnya.

Surya Paloh juga menilai Pemilu 2024 merupakan momentum membangun landasan partai. Dia meminta seluruh kader bekerja keras memenangkan Pemilu 2024 agar partai ini tetap bisa eksis 100 tahun ke depan. "Momentum 2024 merupakan paling terbaik membangun fondasi landasan partai untuk bisa tetap eksis satu abad ke depan, karena itu adalah momentum yang tersedia," katanya.

Dia mengingatkan memenangkan Pemilu 2024 tidak bisa dengan hanya kerja biasa. Para kader harus militan merebut hati rakyat. "Saudara harus punya spirit, keyakinan, dan semangat yang militansi. Seberat apa pun medan kompetisi perjuangan yang dihadapi, saudara harus berjuang dengan spirit dan semangat militan," ungkap dia.

Dia menegaskan upaya memenangkan Pemilu 2024 tak bisa hanya dengan kerja biasa. Apalagi hanya menunggu bantuan dari pusat. "Kalau hanya kader yang pas-pasan saja, hanya menunggu kabar baik saja, tidak cukup hanya satu Waketum yang berjuang, 100 Waketum enggak ada artinya. Kita membutuhkan spirit ini (militansi)," sebut dia.

Baca juga: NasDem Ajak Golkar Berkoalisi, Usung Kandidat yang Layak jadi Capres

Dia berharap para kader memiliki militansi tersebut sehingga bisa menambah capaian NasDem pada Pemilu 2019. "Para anggota dewan yang sudah terpilih, kita berharap saudara-saudara terpilih kembali karena kita punya kesempatan untuk mengajak saudara-saudara baru bersama saudara-saudara (anggota dewan periode 2019-2024)," paparnya. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Istana Kepresidenan: Tidak Ada Reshuffle Hari Ini

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 08 Desember 2021, 09:45 WIB
Presiden Joko Widodo pagi ini bertolak ke Kabupaten Siantang, Kalimantan Barat (Kalbar), untuk meninjau lokasi yang terdampak bencana...
MI/Agus Mulyawan

ICW Kaget Sikap Jaksa Agung di ASABRI dan Pinangki Beda 100%

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 08 Desember 2021, 09:20 WIB
ICW  kaget dengan perbedaan sikap Jaksa Agung dalam penuntuan kasus Asabri dan skandal jaksa...
Ist/DPR

Paripurna DPR Setujui Perpanjangan Waktu Pembahasan Lima RUU

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 08:36 WIB
Rapat Paripurna DPR RI ke-10 Masa Persidangan II Tahun 2021-2022 memutuskan persetujuan perpanjangan waktu terhadap pembahasan lima...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya