Kamis 28 Oktober 2021, 11:07 WIB

Ketua DPR: Generasi Muda Jangan Berhenti Bicara Kebhinekaan-Persatuan

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Ketua DPR: Generasi Muda Jangan Berhenti Bicara Kebhinekaan-Persatuan

DOK DPR RI
Ketua DPR RI Dr (HC) Puan Maharani

 

KETUA DPR RI Puan Maharani mengajak generasi muda Indonesia untuk tidak henti-hentinya berbicara tentang kebinekaan dan persatuan, yang semangatnya pertama kali dicetuskan dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.
  
Dia meminta semangat ber-Tanah Air, berbangsa dan berbahasa satu yaitu Indonesia, yang digelorakan para pemuda nusantara 93 tahun lalu, juga menjadi 'spirit' kaum muda bangsa saat ini.
  
''Semangat 'api' Sumpah Pemuda tidak boleh padam, bahkan tidak boleh meredup sedikit pun. Untuk itu, generasi muda penerus masa depan bangsa, jangan pernah bosan untuk berbicara tentang kebinekaan dan persatuan,'' kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (28/10). Hal itu dikatakannya terkait momen peringatan 93 Tahun Sumpah Pemuda.

Baca Juga: Puan Dukung Kenaikan Upah Minimum 2022 Demi Pemulihan Ekonomi Rakyat

Puan mengatakan, ketika bangsa Indonesia berhenti bicara tentang kebinekaan yang menjadi sumber kekuatan dalam persatuan, maka pada saat itu tunas-tunas perpecahan mulai tumbuh. Namun sebaliknya menurut dia, saat bangsa Indonesia terus merawat persatuan, maka Indonesia bisa akan terus maju.
  
Dia mengatakan, keberagaman di Indonesia justru menjadi sumber kekuatan dan persatuan, bukan perpecahan. ''Kebinekaan di Indonesia kita lihat sebagai berkah, bukan sumber sumpah serapah,'' ujarnya.
  
Puan menjelaskan, DPR sebagai representasi keterwakilan rakyat, akan jeli melihat setiap tantangan dalam upaya merawat persatuan Indonesia.
  
Dia menegaskan bahwa DPR akan menjadi garda utama penjaga api semangat nasionalisme dan persatuan, dengan terus konsisten menyuarakan aspirasi-aspirasi rakyat dari Sabang sampai Merauke. Karena menurut dia, seperti kata Bung Karno, bahwa sejak awal ingin mendirikan suatu negara semua buat semua.
  
''Bukan buat satu orang, bukan buat satu golongan, baik golongan bangsawan, maupun golongan yang kaya, tetapi semua buat semua. Kita mendirikan satu negara kebangsaan Indonesia,'' kata Puan. (Ant/OL-10)

Baca Juga

ANTARA/Rivan Awal Lingga

Tujuh Terdakwa ASABRI akan Dituntut Hari Ini

👤Tri Subarkah 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:26 WIB
Megakorupsi ASABRI mendapat sorotan setelah Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mengkaji kemungkinan penerapan hukuman mati koruptor dengan...
Istimewa

Mahfud Serukan Bangun Budaya Antikorupsi di Rakor APH KPK

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:20 WIB
Menurut Mahfud, kita tidak boleh membiarkan berkembangnya pendapat bahwa korupsi adalah bagian dari...
DOK DPR RI

Berduka untuk Korban Semeru, Puan: Kebutuhan Warga Terdampak Harus Jadi Prioritas

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:16 WIB
Puan memberikan apresiasi untuk tim SAR, petugas gabungan dari berbagai instansi dan golongan, hingga kelompok relawan yang berjibaku...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya