Kamis 16 September 2021, 12:50 WIB

Anggota DPR Minta Kemenparekraf Kembangkan Potensi Desa Wisata

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Anggota DPR Minta Kemenparekraf Kembangkan Potensi Desa Wisata

Antara
Desa Wisata

 

ANGGOTA Komisi X DPR Republik Indonesia dari Fraksi Partai Demokrat A.S Sukawijaya meminta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengembangkan potensi yang ada di desa-desa menjadi destinasi wisata sehingga menarik minat masyarakat untuk berkunjung.

''Potensi wisata terpusat seperti desa wisata nampaknya bisa menjadi alternatif, sekarang nampaknya masyarakat mulai bergeser ke pariwisata yang tempatnya tidak harus ramai supaya lebih aman. Potensi desa wisata yang nampaknya cocok karena biasanya masyarakat yang penat memilih menghabiskan waktu ke tempat yang tenang dan tidak berkerumun,'' katanya di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (16/9).
  
Menurut pria yang akrab disapa Yoyok Sukawi itu, potensi desa wisata di Indonesia cukup besar karena di berbagai daerah potensi yang ada sangat beragam, namun harus dikemas secara menarik. ''Desa itu kalau punya potensi dan dipoles serta kemudian 'dipublish' ke media sosial, pasti masyarakat akan datang sendiri,'' ujarnya.
  
Oleh karena itu Kemenparekraf dan Dinas Pariwisata di daerah-daerah harus gesit melakukan pendampingan supaya makin banyak desa wisata di Indonesia. Yoyok juga meminta Kemenparekraf mencarikan solusi bagi pegiat pariwisata setelah beberapa waktu terakhir pendapatannya terdampak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).
  
Saat PPKM, lanjut dia, pelaku pariwisata memang cukup terdampak karena ada pembatasan kegiatan dan mobilitas sehingga tidak ada yang berkunjung ke tempat wisata atau pun melakukan kegiatan pariwisata.

''Pemerintah melalui Kemenparekraf harus segera memikirkan nasib para pegiat pariwisata, dalam hal ini mencarikan solusi. Pelan-pelan pariwisata diperbolehkan dengan aturan yang menyesuaikan protokol kesehatan,'' katanya. (Ant/OL-10)

Baca Juga

Instagram Rachel Vennya

Rachel Vennya Dicecar 35 Pertanyaan di Polda Metro Jaya

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 02:08 WIB
Kuasa hukum mengatakan materi pemeriksaannya oleh penyidik masih seputar kronologi kasus yang menjerat...
MI/ M Irfan

Ini Catatan MAKI Atas Kinerja Kejagung Kalah Moncer dari Polri

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 23:06 WIB
Citra positif ejaksaan (71 persen), MA dan MK (73 persen), tetapi lebih rendah dari citra positif Polri (77...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Korupsi Perum Perindo Terkait Transaksi Fiktif Rp149 Miliar

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 20:45 WIB
Menurut Leonard, penetapan tersangka ini dilakukan setelah jaksa penyidik memeriksa tujuh orang saksi. Namun hanya dihadiri oleh empat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya