Rabu 21 Juli 2021, 22:00 WIB

Relawan Jokowi Desak Dua Menteri Kunker ke Amerika Saat PPKM Minta Maaf ke Publik

Abdillah M Marzuqi | Politik dan Hukum
Relawan Jokowi Desak Dua Menteri Kunker ke Amerika Saat PPKM Minta Maaf ke Publik

Antara
Ilustrasi

 

RELAWAN Jokowi Mania (JoMan) mengkritik Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia yang melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat di tengah PPKM darurat. Ia mendesak Bahlil dan Luthfi meminta maaf kepada rakyat Indonesia.

"Mereka menteri yang tak punya empati. Ketawa-ketawi saat rakyat sedang berduka dan lapar. Apalagi M Luthfi sudah berulang kali membuat masalah,'" kata Noel via pesan singkat Rabu (21/7).

Ironisnya kata Noel, seseorang yang mengaku kerabat M Luthfi malah coba intimidasi dan memfitnahnya di medai sosial. Noel mengaku berencana melaporkan orang tersebut ke Mabes Polri atas dugaan fitnah dan pencemaran nama baik.

Harusnya, kata aktivis 98 ini, si kerabat melakukan otokritik terhadap kakaknya. Bukan malah melakukan fitnah yang tidak mendasar.

"Saya minta Luthfi meminta maaf kepada rakyat. Tolong jangan ulangi lagi. Anda sudah berulang kali blunder terus. Jika Luhut Pandjaitan dan Erick Thohie berani meminta maaf kenapa dua menteri ini tidak mau ada apa. Mulai ada teror dan fitnah keji ke diri saya atas sikap kritis," pungkasnya.

Seperti diberitakan viral video dua menteri yang tertawa dan tidak menggunakan masker saat kunjungan ke Amerika. Presiden Joko Widodo pernah meminta jajaran kabinetnya tidak melakukan kunjungan ke luar negeri saat PPKM darurat.

Larangan itu disampaikan oleh Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung dalam sebuah video yang diunggah akun Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (17/7).

Pramono menyampaikan arahan tegas Jokowi kepada seluruh jajaran di kabinet untuk memiliki rasa kepekaan sosial dalam suasana pandemi ini. Menurutnya, jajaran kabinet perlu memahami betul hal tersebut.

"Yang boleh bepergian ke luar negeri hanya Menteri Luar Negeri (Retno Marsudi) karena memang sesuai dengan bidang tugasnya. Yang lainnya, kalau ada hal yang bersifat khusus harus mendapatkan izin secara langsung dari Bapak Presiden," ujar Pramono.

Sebelumnya, Menteri Lutfi menegaskan komitmennya memperkuat pemulihan ekonomi nasional melalui peningkatan perdagangan dan investasi dengan Amerika. Peningkatan investasi di berbagai sektor dan kebutuhan vaksin nasional menjadi pembahasan serius selama kunjungan kerja ke AS.

Kunjungan kerja Mendag Lutfi ini dilakukan bersama Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia dan berlangsung pada 9—18 Juli 2021. (OL-8)

Baca Juga

Ist

KPK Selisik Aliran Dana Kasus Ketok Palu RAPBD Jambi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 13:29 WIB
Sepuluh orang yang diperiksa itu yakni Ketua DPRD Jambi 2014-2019 Cornelis Buston, dua Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi 2014-2019...
MI/CIKWAN

KPK Panggil Dedi Mulyadi Terkait Korupsi di Indramayu

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 12:21 WIB
KPK memeriksa Dedi untuk mendalami rasuah yang dilakukan anggota DPRD Jawa Barat Ade Barkah Surahman dan mantan anggota DPRD Jawa Barat...
MI/Rommy Pujianto

Sertifikat Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Layanan Publik, Ombudsman: Diskriminatif

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 11:26 WIB
Kebijakan pemerintah yang mensyaratkan sertifikat vaksinasi covid-19 sebagai 'screening' pelayanan publik merupakan tindakan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kenyang Janji dan Pasrah Menunggu Keajaiban

Sejak peristiwa gempa bumi disertai tsunami dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah hingga kini masih banyak warga terdampak bencana tinggal di hunian sementara.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya