Rabu 09 Juni 2021, 01:50 WIB

Unhan akan Dapuk Megawati Sebagai Profesor Kehormatan

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Unhan akan Dapuk Megawati Sebagai Profesor Kehormatan

Antara
Megawati Soekarnoputri

 

UNIVERSITAS Pertahanan (Unhan) akan menggelar sidang senat terbuka dalam rangka pengukuhan gelar profesor kehormatan (guru besar tidak tetap) kepada Presiden RI ke-V Megawati Soekarnoputri. Kategorinya ilmu pertahanan bidang kepemimpinan strategik pada fakultas strategi pertahanan.

“Pada Jumat (11/6) akan dilakukan sidang senat terbuka Unhan dalam rangka pengukuhan gelar profesor kehormatan (guru besar tidak tetap) ilmu pertahanan bidang kepemimpinan strategik pada fakultas strategi pertahanan kepada ibu Megawati Soekarnoputri," ujar Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian dalam keterangannya, Selasa (8/6).

Ia mengatakan sidang senat akademik Unhan telah menerima hasil penilaian dewan guru besar atas seluruh karya ilmiah Megawati sebagai syarat pengukuhannya. Pemberian gelar itu juga tidak terlepas dari kepemimpinan Megawati dalam menghadapi krisis multidimensi di era pemerintahannya.

"Unhan mencatat keberhasilan Megawati saat di pemerintahan dalam menuntaskan konflik sosial seperti penyelesaian konflik Ambon, penyelesaian konflik Poso, pemulihan pariwisata pasca bom Bali, dan penanganan permasalahan TKI di Malaysia," tandasnya

Megawati, kata dia, menjadi presiden pertama perempuan di negara kita. Di eranya diselenggarakan pemilihan umum legislatif dan presidensial secara langsung.

Para menteri kabinet gotong royong di bawah kepemimpinan Megawati dan sejumlah guru besar dari dalam dan luar negeri pun mengakui peran Megawati dan telah memberikan rekomendasi akademik atas kuatnya karakter kepemimpinannga.

Beberapa guru besar dari dalam negeri yang memberikan rekomendasi akademik berasal dari beberapa Perguruan Tinggi Negeri papan atas. Sedangkan guru besar dari luar negeri berasal dari Jepang, Cina, Korea Selatan dan Perancis.

Ditambahkannya, sebelum pengukuhan ini Megawati akan menyampaikan orasi ilmiah. Selaku kandidat penerima gelar, Megawati juga akan didampingi sejumlah guru besar pendamping kandidat.

"Rencananya, acara ini akan dihadiri sejumlah pejabat termasuk presiden dan wakil presiden serta sejumlah menteri kabinet serta undangan lainnya, dan dalam pelaksanaanya menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat," pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Dimintai Ganti Rugi oleh Penerima Bansos, Kubu Juliari Bingung

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Selasa 22 Juni 2021, 07:33 WIB
"Jangan-jangan mereka hanya mengaku-ngaku saja sebagai orang yang bukan oleh aturan dianggap masuk dalam penerima manfaat...
Dok. Kemendagri

Kemendagri Apresiasi Tertib Penggunaan Banpol Oleh Parpol

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 21 Juni 2021, 22:34 WIB
“Selama 15 tahun terakhir, tidak ada masalah dengan penyalurannya. Tata kelola untuk administrasi SPJ DPP Partai Demokrat adalah...
dok TNI AL

Bocah Terapung di Laut Diberi Tabungan dan Sepeda

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 21 Juni 2021, 20:31 WIB
TNI Angkatan Laut memberikan apresiasi kepada Ridho Ilhami, bocah yang mampu bertahan selama kurang lebih 3 jam di tengah laut ketika jatuh...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jakarta sedang tidak Baik-Baik Saja

SEPEKAN ini warga Ibu Kota mengalami kecemasan akibat meningkatnya kembali kasus positif covid-19 secara signifikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya