Sabtu 05 Juni 2021, 16:17 WIB

Simulasi Paslon Pilpres, Survei Sebut Prabowo-Puan Ketinggalan

Anggitondi Martaon | Politik dan Hukum
Simulasi Paslon Pilpres, Survei Sebut Prabowo-Puan Ketinggalan

medcom
Ilustrasi pemilihan umum

 

SEJUMLAH simulasi pasangan calon (paslon) pemilihan presiden (pilpres) 2024 dibuat dalam survei yang dilakukan Parameter Politik Indonesia. Nama Menhan Prabowo Subianto selalu ada dalam tiga simulasi Paslon Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menyampaikan simulasi dibuat berdasarkan beberapa hasil survei dan digadang-gadang bakal berjodoh pada Pilpres nanti. Prabowo dinilai berpotensi besar kembali maju pada kontestasi politik nasional pada 2024.

Dalam simulasi tersebut, Prabowo disandingkan dengan Ketua DPR Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Dari keempat tokoh tersebut, Prabowo berpotensi keok saat bersanding dengan Puan. Dalam simulasi tersebut, Prabowo-Puan dikalahkan Paslon Anies dan Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Paslon Anies-AHY memperoleh dukungan 35,9%. Sementara itu, Prabowo-Puan hanya memperoleh dukungan 21,8%.

Namun, responden yang tak menjawab atau ragu masih cukup besar. Jumlahnya mencapai 42,3%.

"Unggul sementara pasangan Anies-AHY, Prabowo-Puan agak sedikit ketinggalan," kata Adi dalam konferensi pers virtual Survei Peta Politik Menuju 2024 dan Isu Politik Mutakhir, Sabtu (5/6).

Baca juga: Masyarakat Indonesia Masih Lihat Figur saat Memilih Parpol

Hal berbeda saat Prabowo disandingkan dengan tokoh lain. Dalam survei tersebut, persentase dukungan paling besar didapatkan Prabowo jika disandingkan dengan Anies, yaitu 43,8%.

Adapun simulasi Prabowo-Anies menghadapi Puan-AHY. Puan-AHY memperoleh dukungan 13,9% dari responden. Sedangkan responden yang menjawab ragu atau tak menjawab sebesar 42,3%.

"Itulah kemudian sepertinya teman-teman PDI Perjuangan mengharamkan koalisi dengan Demokrat," ungkap dia.

Prabowo tetap mendapatkan respon positif dari responden saat disandingkan dengan Ganjar. Pasangan tersebut menang tipis jika disimulasikan menghadapi duet Pilkada 2017 DKI Jakarta, yakni Anies-Sandiaga.

Dukungan yang diperoleh Prabowo-Ganjar sebesar 32,7%. Sedangkan Anies-Sandiaga 32,1%. Adapun responden yang menjawab ragu atau tak menjawab sebesar 37,2%.

Terkahir, Prabowo tetap meraih kemenangan pada simulasi menghadapi Paslon Puan-Anies. Prabowo berpasangan dengan Sandiaga. Paslon Pilpres 2019 itu mendapat dukungan 37,7% dari responden.

Sementara itu, paslon yang diusulkan politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Effendi Simbolon itu hanya mendapat dukungan 25,1%.

Sedangkan responden yang menjawab ragu atau tak menjawab sebesar 37,2%.

Parameter Politik Indonesia melakukan survei terhadap 1.200 responden selama 3-28 Mei 2021. Pemilihan responden menggunakan metode simple random sampling. Selain itu, margin of error survei sekitar 2,9%. Sedangkan tingkat kepercayaan survei mencapai 95%.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Pool-Hafidz Mubarak

Panglima TNI: Pelaku Bentrokan TNI-Polri Harus Disanksi tegas Agar Jera

👤Siti Yona Hukmana 🕔Jumat 03 Desember 2021, 17:46 WIB
Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah kejadian serupa ialah tindakan tegas, tidak cukup hanya dengan...
Ilustrasi

Modus Perdagangan Orang Secara Daring, Banyak Anak-Anak tanpa Sadar Jadi Korban

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 03 Desember 2021, 17:43 WIB
Eny menegaskan, unsur sukarela tersebut membuat unsur-unsur TPPO sulit dipenuhi di pengadilan. Sebab anak-anak ini secara sukarela...
MI / ADAM DWI.

Mantan Pegawai KPK yang Tidak Lolos TWK Akhirnya Jadi ASN Polri

👤Siti Yona Hukmana 🕔Jumat 03 Desember 2021, 17:36 WIB
Pengangkatan 57 mantan pegawai KPK itu tertuang dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 15 Tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya