Rabu 12 Mei 2021, 19:25 WIB

Pengecekan Pendatang Luar Negeri di Bandara Soetta Diperketat

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
Pengecekan Pendatang Luar Negeri di Bandara Soetta Diperketat

Antara
Ilustrasi

 

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta anggotanya yang bertugas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten untuk lebih mengecek lebih lanjut terhadap pendatang dari luar negeri.

Listyo melihat masih ada celah saat kedatangan warga negara asing (WNA) maupun warga negara Indonesia (WNI) dari luar negeri, terutama pada saat pengecekan hasil tes swab PCR.

"Saya lihat masih ada satu celah yang rekan-rekan saya minta itu untuk diperkuat, yaitu pada saat datang kemudian pengecekan PCR, saya minta untuk dilakukan lagi pengecekan ulang. Khususnya pada saat setelah diperiksa dengan menggunakan termo dan kemudian suhunya didapati tidak normal, segera laksanakan pemeriksaan antigen," kata Listyo, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Rabu (12/5).

Selain itu, ia juga meminta anggotanya untuk mengecek apakah pendatang tersebut telah menjalani vaksinasi. Jika belum, kata ia, maka harus diawasi dengan ketat.

"Kalau mereka belum vaksin artinya ada kemungkinan bahwa mereka juga masih ada potensi jadi carrier, sehingga betul-betul harus dilaksanakan pemeriksaan," kata Listyo.

Lebih lanjut, ia juga meminta anggotanya mengawasi betul proses karantina yang harus dilalui para pendatang. Ia mengatakan jangan sampai ada pendatang yang kabur dari proses karantina tersebut.

"Saat mereka start di bandara dan sampai di hotel yang sudah ditentukan, maka ada petugas yang di dalam, sehingga kemudian tolong diatur dengan baik. Kalau kekurangan anggota minta ke Polda Metro atau minta ke Mabes. Mulai dari alur kedatangan sampai hotel sampai mereka keluar seluruh prokes sudah dilaksanakan dengan baik," pungkas mantan ajudan Presiden Joko Widodo itu. (OL-8)

 

Baca Juga

MI/Ramdani.

Tidak Mau Langgar UUD 45, Istana Tolak Ide Jokowi-Prabowo 2024

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 13:51 WIB
Fadjroel juga mengungkit penolakan Jokowi itu pertama kali pada 2019. Kala itu, Jokowi menilai wacana tiga periode ingin menampar muka,...
dok.Tidar

Tidar Gelar Tunas III Gerindra Rancang Rekrutmen Kalangan Milenial

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 12:56 WIB
TUNAS Indonesia Raya (Tidar) diminta lebih kreatif untuk sebanyak-banyak menjaring milenial untuk kemudian memilih Partai...
Ist/Ilustrasi

Bareskrim Bakal Bongkar Jaringan Antar Oknum Pinjol Ilegal

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 12:27 WIB
Sebelumnya, Bareskrim membongkar praktik pinjol ilegal perusahaan 'Rp Cepat' yang dikendalikan oleh warga...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya