Minggu 31 Januari 2021, 20:30 WIB

NasDem : NU Miliki Peran Penting Perekat Bangsa

Putra Ananda | Politik dan Hukum
NasDem : NU Miliki Peran Penting Perekat Bangsa

MI/BRIYANBODO HENDRO
WAKIL Ketua MPR dari Fraksi Partai NasDem Lestari Moerdijat

 

WAKIL Ketua MPR dari Fraksi Partai NasDem Lestari Moerdijat turut mengucapkan selamat atas Hari Lahir (Harlah) ke-95 Nahdlatul Ulama (NU). Sebagai ormas Islam tertua di Indonesia, keberadaan NU sangat penting dalam menjaga keberagaman beragama di Tanah Air.

"NU memiliki peran penting untuk terus menjaga keberagaman. NasDem sebagai partai nasionalis religius banyak mengambil teladan dari para ulama-ulama NU," ungkap wanita yang akrab disapa Rerie ini saat dihubungi di Jakarta, Minggu (31/1).

Harlah NU jatuh pada 16 Rajab 1344 Hijriah atau bertepatan dengan 31 Januari 1926. Hingga saat ini NU merupakan sebuah rumah bagi para Nahdliyin. Rerie menyebutnya monumen kebangkitan cendekiawan Islam.

Kini mencapai usia 95 tahun dengan satu tema besar. "Menyebarkan ahlussunnah wal jamaah dan meneguhkan kebangsaan sebagai wujud cinta-cita besar menjadi perekat kebangsaan sebagai negara yang baldatun thoyyibatun warobbun ghofur," papar Rerie.

Rerie pun mengajak masyarakat untuk kembali sejenak mengingat, kebangkitan ulama 95 tahun silam yang ditandai dengan peristiwa monumental dalam sejarah Islam. Lewat lobi internasional Komite Hijaz dalam menjaga tradisi ahlu sunnah wal jama'ah (aswaja) dan simbol serta situs Islam dari upaya pemurnian agama (wahabisme) yang berkembang di Timur Tengah.

"NU berkomitmen teguh melestarikan keluhuran ajaran Islam Wali Songo yang menjadi kekhasan Islam Nusantara yang religius, ramah, bersahaja dan merawat tradisi baik. Meneguhkan aswaja menjadi perjuangan tidak pernah usai NU," ujarnya.

Menurut Rerie, NU hadir membidani lahirnya negara kesatuan kebangsaan. Orman itu menjadi jembatan perbedaan agama, budaya dan daerah dalam persatuan dan kesatuan bangsa yang terus teguh hingga kini. Melalui pendidikan dengan pesantren, NU menjadi basis dan fondasi membangun peradaban bangsa.

"Selamat Hari Lahir, Nahdlatul Ulama. Dalam cinta dan cita, tetap teguh dalam nilai kebangsaan, merekatkan keberagaman," ucap Rerie. (P-2)

Baca Juga

Ilustrasi

Buron Korupsi Mesin Genset yang Rugikan Negara Rp21 Miliar Ditangkap 

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 02 Desember 2021, 19:35 WIB
im Kejaksaan menangkap Mochtar pada Kamis (2/12) sekira pukul 14.00 WIB di kawasan Menteng, Jakarta...
RRI

Pilih Direksi RRI yang Profesional dan Melek Teknologi 5.0

👤RO/Micom 🕔Kamis 02 Desember 2021, 17:55 WIB
Direktur RRI diharapkan mampu mengaplikasikan dan mengakselerasikan layanan LPP RRI dan informasi publik, mempunyai nilai pendidikan dan...
Ist/DPR

PAN Serahkan Jadwal Pemilu 2024 ke Pemerintah dan KPU

👤 Putra Ananda 🕔Kamis 02 Desember 2021, 17:47 WIB
Guspardi Gaus menjelaskan rapat koordinasi penetapan jadwal Pemilu 2024 digelar setelah ada kespakatan antara pemeirntah dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya