Minggu 24 Januari 2021, 09:01 WIB

TNI AU Bantu Pulihkan Kondisi Kalsel dan Sulbar

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
TNI AU Bantu Pulihkan Kondisi Kalsel dan Sulbar

ANTARA
Pesawat TNI AU mengangkut bantuan bagi korban gempa di Sulawesi Barat.

 

TNI Angkatan Udara (AU) berkontribusi nyata dalam pemulihan pascabencana banjir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) serta gempa bumi di wilayah Mamuju, Majene, Sulawesi Barat (Sulbar). Prajurit Satuan Tugas Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU selain membantu mendistribusikan bantuan juga mengevakuasi korban banjir dan gempa di dua daerah tersebut.

"Selain memberikan sembako Satgas Paskhas, juga melaksanakan evakuasi korban jiwa, yang ada di tiga desa yaitu di Kecamatan Sungai Tabuk, wilayah Martapura, dan wilayah Marahaban (Kalsel)," kata Mayor Pas Raden Ruli Rusliana yang memimpin tugas ini di Kalsel, dalam keterangannya, Minggu (24/1).

Menurut dia, prajurit Satgas Paskhas kegiatan serupa juga dilakukan di Kecamatan Sungai Tabuk. Satgas ini mengirimkan bantuan berupa logistik, obat-obatan, serta membantu tenaga medis puskesmas.

Baca Juga: Alumni AAU 2006 Kirim 1,8 Ton Bantuan ke Sulbar dan Kalsel

"Selanjutnya di wilayah Martapura mendistribusikan logistik, kemudian wilayah Marabahan untuk Satgas Paskhas melaksanakan evakuasi dan distribusi logistik," ujarnya.

Sementara itu TNI AU juga melakukan hal serupa di Sulbar melalui Prajurit Batalyon Kesehatan (Yonkes) Denma Mabesau yang dipimpin oleh Kapten Kes Lim Friendly Suman Sitorus. Yonkes Denma Mabesau dibantu relawan tenaga medis telah merawat sebanyak 193 pasien yang berada di beberapa tempat yaitu di Base, Katandean, dan Ulumanda.

Selain itu di wilayah Taan, Yonkes Denma Mabesau juga bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) wilayah Sulawesi Barat, melaksanakan pemeriksaan kesehatan.

"Medan yang kita lewati sangat rusak dan tidak dapat dijangkau oleh kendaraan biasa, hanya dapat dijangkau oleh mobil off-road, namun kendala tersebut tidak menghambat kinerja kami untuk melayani korban yang terdampak gempa," ujar Kapten Kes Lim Friendly. (Cah/OL-10)

Baca Juga

ANTARA/FENY SELLY

Maksud Baik, Jokowi ajak Publik Cinta Produk dalam Negeri

👤Budi Ernanto 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 00:19 WIB
Masyarakat diajak beralih membeli produk...
MI/Adam Dwi

Pengacara Nurhadi Sebut Uang Suap Hanya Sampai ke Rezky 

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 05 Maret 2021, 23:34 WIB
"Fakta yang terjadi, uang tidak pernah sampai kepada Terdakwa I (Nurhadi), hanya sampai di Terdakwa II (Rezky)," aku...
MI/ Adam Dwi

Komjak Ingatkan Potensi Intervensi Sidang Mafia Tanah

👤Ant 🕔Jumat 05 Maret 2021, 23:00 WIB
Komjak mendorog oknum yang terlibat kasus mafia tanah harus dihukum lebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya