Rabu 13 Januari 2021, 19:35 WIB

Eks Pimpinan KPK Nilai Listyo Calon Kapolri Mumpuni

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Eks Pimpinan KPK Nilai Listyo Calon Kapolri Mumpuni

Antara
Listyo Sigit

 

MANTAN Wakil Ketua KPK, Indriyanto Senoadji meminta masyarakat tidak meragukan kemampuan Kepala Bareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo yang dicalonkan tunggal sebagai Kapolri oleh Presiden Joko Widodo ke DPR RI.

Menurutnya, Listyo memiliki kemampuan variatif profesionalitas di bidang reserse kriminal (reskrim) sebagai karakteristik dan front gate penegakan hukum dari Polri.

“Jadi, tidak perlu diragukan kemampuan operasional penegakan hukum dan managerial SDM kelembagaan Polri,” papar Indriyanto pada Rabu, (13/1).

Selain itu, Indriyanto meyakini penunjukan Listyo untuk menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021, sudah melalui prosedur di internal Korps Bhayangkara.

“Dipastikan penunjukan Jenderal Listyo Sigit telah memenuhi persyaratan dari internal kelembagaan Wanjakti Polri, bahkan juga Kompolnas sebagai kelembagaan eksternal, baik syarat kapabelitas, integritas dan kompetensi beliau sebagai calon Kapolri,” ucapnya.

Namun, Indriyanto menyebut tantangan Listyo ke depan sebagai pemimpin Polri tak akan mudah. Mengingat, Indonesia masih di tengah kondisi pandemik covid-19.

“Baik terhadap pelaksanaan ketat protokol kesehatan covid-19, pula atensi pada persiapan Pilkada Serentak, dan gangguan keamanan terkait sikap gerak radikalisme yang menciptakan instabilitas kekuasaan negara yang sah,” paparnya.

Oleh karena itu, Indriyanto mengingatkan bahwa sepanjang tahun 2021 ini memang kondisi yang tidak ringan dari Kapolri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat secara luas dari negara.

“Polri tetap menjaga komunikasinya dengan representasi elemen media, lembaga swadaya masyarkarat maupun tokoh masyarakat sebagai pilar penguatan negara,” tandasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

Antara

Haris Azhar: Berantas Ekstremisme Bukan dengan Menghakimi Ideologi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 27 Januari 2021, 01:23 WIB
Menurutnya, dalam keadaan sulit atau terdesak akibat kondisi ekonomi, seseorang bisa bertindak...
Antara

KPK Selisik Dugaan Aliran Suap PT DI ke Setneg

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:05 WIB
KPK memeriksa Kepala Biro Umum Sekretariat Kemensetneg Piping Supriatna dan mantan Sekretaris Kemensetneg Taufik...
MI/ADAM DWI

Diskriminasi Disebut Untungkan Calon Tunggal Pilkada Balikpapan

👤Indriyani Astuti 🕔Selasa 26 Januari 2021, 22:25 WIB
Tindakan diskriminatif penyelenggara pemilu membuat pemantau pemilu tidak maksimal melakukan sosialisasi kotak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya