Selasa 24 November 2020, 20:45 WIB

Rakyat Majemuk Jadikan Indonesia Pilih Demokrasi

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Rakyat Majemuk Jadikan Indonesia Pilih Demokrasi

MI/CAHYA MULYANA
Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) dalam peluncuran buku Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) 2019, Selasa (24/11).

 

MENTERI Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menerangkan iklim demokrasi Indonesia semakin baik. Hal itu berdasarkan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) 2019 yang naik 2,53 poin menjadi 74,92.

Menurut Mahfud, negara-negara dengan penduduk yang majemuk memerlukan sistem demokrasi. "Indonesia misalnya, membutuhkan demokrasi karena di sini masyarakatnya sangat majemuk, plural begitu banyak, sehingga aspirasi harus dikontestasikan ke demokrasi. Tapi di saat yang sama, Indonesia itu menghendaki integrasi, integrasi itu keutuhan agar tidak pecah, ujarnya pada peluncuran buku IDI 2019 di kantor Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Jakarta, Selasa (23/11).

Mahfud mengatakan demokrasi sering menghadapkan dua hal yang sama-sama diperlukan tetapi bertentangan. Sistem ini menuntut kebebasan dan di lain pihak integrasi menuntut pemaksaan agar orang tetap bersatu.

"Pemerintah itu dituntut untuk mengatur keseimbangan, bagaimana demokrasi ini bisa tumbuh dengan baik tapi negara ini juga terjaga dengan baik. Di situlah perlu kearifan kita bersama untuk selalu mendewaskan diri," pungkas Mahfud.

Baca juga: Mahfud: Fase Demokrasi di Indonesia Masih Prosedural

Di kesempatan yang sama, Deputi I Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri Kemenko Polhukam, Mayjen TNI Purnomo Sidi berharap buku IDI 2019 dapat mendukung kinerja pemerintah daerah. Khususnya untuk mendukung program pembangunan bidang demokrasi dan politik. (P-2)

Baca Juga

Dok. Priibadi

Perpres RAN-PE Bukti Komitmen Pemerintah Atasi Ekstremisme

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Kamis 21 Januari 2021, 00:03 WIB
Ditegaskan Christina, persoalan ekstremisme sudah menjadi permasalahan seluruh elemen bangsa dan bukan hanya...
Antara

Lemkapi: Program Presisi Listyo Cocok dengan Kondisi Indonesia

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:40 WIB
Edi pun meminta kepada calon Kapolri agar memperkuat peranan Polsek agar dapat diandalkan menjadi ujung tombak dalam pelayanan kepada...
Antara

KPK Kembangkan Suap Bansos yang Jerat Juliari

👤Ant 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:17 WIB
"Kita cari karena di program bansos itu banyak sekali bukan hanya difabel, PKH, dan lain-lain," kata Deputi Penindakan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya