Selasa 24 November 2020, 16:40 WIB

Anies Baca How Democracies Die, Firli Singgung Why Nations Fail

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Anies Baca How Democracies Die, Firli Singgung Why Nations Fail

MI/SUSANTO
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri

 

KETUA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri turut berkomentar terkait Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menjadi perbincangan setelah mengunggah foto dirinya membaca buku How Democracies Die.

Firli mengatakan ada buku penting yang menjadi bacaannya yakni Why Nations Fail yang mengungkap negara gagal akibat korupsi. "Kemarin saya lihat di media Pak Anies membaca How Democracies Die. Sebelum itu, ada buku Why Nations Fail, itu sudah lama saya baca, tahun 2002," kata Firli dalam seremoni penyerahan barang rampasan negara di kantor KPK, Jakarta, Selasa (24/11).

Firli mengatakan buku itu mengungkap salah satu sebab negara gagal yakni korupsi. Menurut dia, korupsi tidak hanya kejahatan yang merugikan keuangan negara tapi juga kejahatan yang merasuk ke seluruh sendi-sendi kehidupan.

"Banyak negara bisa gagal dalam mewujudkan tujuan negara karena banyaknya korupsi. Korupsi ini menjadi perhatian kita bersama dan bukan hanya perhatian Indonesia tetapi seluruh dunia memberikan perhatian karena kejahatan ini adalah kejahatan yang luar biasa," ucapnya.

Firli mengatakan korupsi yang sebagai kejahatan luar biasa harus pula ditangani secara luar biasa. Hal itu agar Indonesia bisa mewujudkan tujuan negara dan tidak menjadi negara gagal.

Pemberantasan korupsi, ucap Firli, perlu mengedepankan penyelamatan keuangan dan kekayaan negara. Kemudian, menjamin hak-hak politik dan sosial masyarakat. Lalu, menjamin keselamatan bangsa dan warga negara.

"Ini tiga hal itu yang harus kita pahami kenapa kita harus melakukan pemberantasan korupsi," ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengunggah foto di media sosial saat membaca buku How Democracies Die, Minggu (22/11) pagi. Anies dalam foto itu berpakaian putih dan mengenakan sarung. (P-2)

Baca Juga

Antara/Rivan Awal

Biden Jadi Presiden AS, Ini Harapan Puan

👤Sri Utami 🕔Jumat 22 Januari 2021, 05:30 WIB
Ketua DPR RI berharap Joe Biden membawa dampak positif bagi penanganan pandemi covid-19 dan menjaga stabilitas perdamaian...
Antara/Galih Pradipta

Listyo Usung Program Presisi, Kompolnas: Harus Tepat Sasaran

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 22 Januari 2021, 04:35 WIB
Kompolnas akan mengawal dan mengawasi kinerja program presisi yang diusung Listyo Sigit, setelah resmi diangkat sebagai...
Antara/M Risyal Hidayat

Kemendagri Targetkan Perekaman 5,7 Juta KTP-E

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 22 Januari 2021, 01:40 WIB
Sejauh ini, sudah 194,64 juta orang atau 99,11% dari total populasi yang tercatat memiliki kartu identitas. Kemendagri bersama BPS...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya