Minggu 08 November 2020, 04:09 WIB

Wapres Minta Desa Kurangi Kesenjangan Digital

Che/P-5 | Politik dan Hukum
Wapres Minta Desa Kurangi Kesenjangan Digital

MI/Adam Dwi
Wakil Presiden Ma’ruf Amin

 

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin berharap seluruh desa mampu beradaptasi mengikuti kemajuan teknologi dengan mengurangi kesenjangan digital. Pasalnya, peningkatan sumber daya manusia yang paham digital sangat dibutuhkan dalam pengembangan desa digital agar mampu menggerakkan dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Pemerintah, kata Ma’ruf, terus berupaya meningkatkan percepatan akses dan pembangunan infrastruktur digital untuk melayani publik secara cepat dan efisien. Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp30,5 triliun untuk mempercepat transformasi digital penyelenggaraan pemerintahan yang salah satunya ialah untuk pembangunan akses internet di 4.000 desa dan kelurahan di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di Indonesia.

“Sampai saat ini telah terdapat 233 desa yang menjadi contoh desa digital di Indonesia,” papar Ma’ruf pada Webinar Desa Digital 2020, kemarin.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar, Bupati Garut Rudy Gunawan, dan Ketua Yayasan Dewa Dewi Dedi Indonesia Heidy M Hidayat.

Disebutkan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informasi mutlak diperlukan dalam pembangunan desa digital melalui penyediaan jaringan, perangkat, aplikasi yang sesuai dengan karakteristik penduduk, serta pendampingan yang tepat bagi masyarakat desa. Salah satunya program Tol Langit yang ditujukan untuk menyediakan kualitas layanan internet cepat bagi 514 kabupaten/kota di Indonesia.

“Tol Langit telah diwujudkan dalam program strategis nasional membangun jaringan backbone fiber optic Palapa Ring, yakni sudah beroperasi penuh. Proyek satelit multifungsi pemerintah atau Satelit Republik Indonesia-SATRIA, yakni proyek tersebut ditargetkan selesai pada akhir 2023,” terang Wapres.

Ma’ruf berharap adanya dukungan penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan informasi Tol Langit ini bisa mengoptimalkan pengembangan desa digital. “Dengan dibangunnya Tol Langit diharapkan dapat mewujudkan pemerataan layanan telekomunikasi dan informasi, guna mendukung pengembangan desa digital,” jelasnya.

Ia menambahkan, dirinya ingin agar prioritas penggunaan Dana Desa 2021 berfokus pada mewujudkan pelaksanaan pembangunan berkelanjutan di tingkat desa (sustainable development goals/SDGs Desa). (Che/P-5)

Baca Juga

Dok.MI

Densus 88 Tangkap Dua PNS yang Diduga Teroris di Aceh

👤Antara 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:39 WIB
Winardy mengatakan bahwa terduga berinisial SB alias AF merupakan pegawai negeri...
MI/Susanto

Kasus Asabri, Kejagung Fokus Pengamanan Aset

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 22 Januari 2021, 20:59 WIB
Kejagung bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) masih menghitung kerugian negara yang ditimbulkan dari kasus...
Ilustrasi

Perpres RAN-PE Dinilai Berpotensi Timbulkan Persekusi

👤Emir Chairullah 🕔Jumat 22 Januari 2021, 20:55 WIB
Tidak jelasnya definisi maupun kriteria ekstremisme yang ada dalam aturan tersebut berpotensi menimbulkan aksi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya