Sabtu 24 Oktober 2020, 13:33 WIB

Jokowi Sampaikan Penghormatan Tinggi kepada Para Dokter

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Jokowi Sampaikan Penghormatan Tinggi kepada Para Dokter

Antara
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo mengucapkan penghargaan tinggi kepada para dokter di Hari Dokter Nasional yang jatuh bertepatan hari ini, Sabtu (24/10). Presiden memberi penghormatan setinggi-tingginya kepada para dokter yang di masa pandemi ini menjadi garda depan berjuang menyembuhkan pasien Covid-19.

"Mereka tak sekadar meninggalkan rumah dan keluarga dalam waktu lama untuk berjuang melayani dan mendampingi pasien. Sebagian mereka bahkan ikut menjadi korban," ucap Jokowi melalui akun resmi Instagram-nya, Sabtu (24/10).

Baca juga: Sempat Ditolak Bolsonaro, Brasil Setujui Impor Vaksin Sinovac 

Presiden Jokowi menuturkan dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia, para dokter selalu menjadi pelopor, penggerak, dan pejuang kemanusiaan yang mewarnai setiap zaman. Para dokter selalu hadir dalam setiap perjuangan mulai dari kebangkitan nasional, persiapan kemerdekaan, pembangunan, sampai hari ini yang berjuang menghadapi pandemi korona.

"Seperti sekarang, para dokter kembali berada di garis terdepan menghadapi pandemi global covid-19. Untuk para dokter Indonesia ini, kita haturkan terima kasih dan penghormatan yang setinggi-tingginya," ujar Jokowi.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mencatat jumlah dokter di seluruh wilayah yang meninggal terpapar covid-19 mencapai 136 orang (data per 15 Oktober).

Dari jumlah 136 dokter yang gugur, sebagian besar merupakan dokter umum. Ratusan dokter yang meninggal karena itu dari 18 provinsi. Aling tinggi ialah Jawa Timur mencapai 32 dokter, Sumatra Utara 23 dokter, dan DKI Jakarta 19 dokter.

Kemudian, di Jawa Barat 12 dokter, Jawa Tengah 9 dokter, Sulawesi Selatan 6 dokter, Bali 5 dokter dan Sumatera Selatan 4 dokter, Kalimantan Selatan 4 dokter, Aceh 4 dokter, Kalimantan Timur 3 dokter, Riau 4 dokter, Kepulauan Riau 2 dokter, DI Yogyakarta 2 dokter, Nusa Tenggara Barat 2 dokter, Sulawesi Utara 2 dokter, Banten 2 dokter dan Papua Barat 1 dokter. (OL-6)

Baca Juga

MI/CAHYA MULYANA

Aturan Turunan UU Cipta Kerja Harus Beri Kepastian

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 30 November 2020, 16:05 WIB
Pengusaha meminta penerapan prinsip fiktif positif bahwa dalam permohonan perizinan dianggap disetujui jika dalam batas waktu tertentu...
Antara

Berkas Gratifikasi Rachmat Yasin Diserahkan ke Jaksa KPK

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 30 November 2020, 15:52 WIB
"Dalam waktu 14 hari kerja,JPU akan segera melimpahkan berkas perkara ke Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor)....
Antara

Pinangki Kerap ‘’Bolos Kerja’’ Selama di Kejaksaan

👤Sri Utami 🕔Senin 30 November 2020, 14:28 WIB
Terdakwa Pinangki Sirna Malasari selama bertugas di kejaksaan kerap ‘’bolos kerja’’ dan pernah dijatuhi sanksi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya