Sabtu 29 Agustus 2020, 06:16 WIB

Korban Aksi Terorisme Harus Didukung Semua Pihak

Ant/Cah/P-1 | Politik dan Hukum
Korban Aksi Terorisme Harus Didukung Semua Pihak

ANTARA/HO-BNPT
Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar

 

KEPALA BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan korban aksi terorisme perlu mendapatkan perhatian khusus dari negara di samping dukungan dari keluarga dan masyarakat luas dengan menciptakan lingkungan yang positif.

“Korban juga tentunya harus dapat didukung dan diberikan motivasi setelah menjalani hari-hari berat kejadian aksi terorisme. Untuk itu, perlunya motivasi positif dan peran serta semua pihak menjadi hal yang penting dalam memperhatikan kembali keberadaan mereka karena para korban masih memiliki potensi positif di lingkungannya dengan dukungan semua pihak,” kata Boy Rafl i.

Dia menyebutkan bahwa lahirnya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme telah membuka babak baru dalam penanggulangan terorisme, khususnya mengenai langkah program pemulihan terhadap korban dari aksi tindak pidana terorisme (penyintas), baik itu korban langsung maupun korban tidak langsung.

BNPT dalam UU tersebut diberikan mandat khusus sebagai koordinator dalam bidang pemulihan korban tindak pidana terorisme dengan mengoordinasikan kementerian/lembaga untuk memberikan sumbangsihnya dalam program pemulihan korban terorisme. Selain itu, juga sebagai bentuk representasi negara untuk hadir dalam memberikan pemulihan, pelindungan, dan kesejahteraan bagi seluruh warga negara, khususnya kepada korban tindak pidana terorisme.

“Di sinilah BNPT hadir ka- rena dalam UU Nomor 5 Tahun 2018 Pasal 35 ditegaskan bahwa korban merupakan tanggung jawab negara. Bentuk tanggung jawab negara yang dimaksud itu berupa bantuan medis, rehabilitasi psikososial dan psikologis, santunan bagi keluarga dalam hal korban yang meninggal dunia, dan kompensasi,” ujarnya saat memberikan sambutan pada acara Forum Silaturahmi Penyintas 2020 di Hotel Griya Persada, Yogyakarta, Kamis (27/8) malam.

Deputi 1 Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis menambahkan bahwa narasi-narasi perdamaian, kebangsaan, dan toleransi diharapkan menjadi masif dan dilakukan bersama-sama oleh seluruh duta damai baik melalui website maupun media sosial (medsos).

“Kami menyadari betapa pentingnya suatu gerakan bersama, khususnya generasi muda, untuk selalu memberikan pembanding sekaligus pencerahan bagi masyarakat dengan membanjiri dunia maya dengan konten positif dan pesan damai,” ujar Hendri di Samarinda, Kalimantan Timur.

Hendri mengungkapkan program duta damai dunia maya ini merupakan program unggulan BNPT dalam melibatkan generasi muda untuk membanjiri dunia maya dengan pesan damai dan konten perdamaian. (Ant/Cah/P-1)

Baca Juga

ANTARA/M Agung Rajasa

Tidak Kunjung Tuntas, RUU Minol Dinilai Buat Bingung DPR

👤Fachr Audhia Hafiez 🕔Minggu 24 Januari 2021, 11:54 WIB
Lambannya pengesahan juga dilatarbelakangi penolakan sejumlah fraksi. Tercatat ada tiga fraksi yang menolak membahas RUU itu yakni PDI...
MI/Ardi Teristi

Komisi I DPR RI Minta KKB di Papua Jangan Dibiarkan Berlarut-larut

👤Ardi Teristi 🕔Minggu 24 Januari 2021, 11:13 WIB
ANGGOTA Komisi I DPR RI, Sukamta pun memberi saran TNI bisa menerjunkan Kopassus karena jumlah KKB tidak...
MI/Susanto

Sepanjang 2020, 65 Terpidana Korupsi Ajukan PK

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 24 Januari 2021, 11:00 WIB
Lebih anehnya lagi, kata Ali, banyak narapidana korupsi yang mengajukan PK setelah putusan sidang tingkat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya