Jumat 21 Agustus 2020, 15:25 WIB

Maman: Tidak Ada KAMI yang ada KITA Indonesia

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Maman: Tidak Ada KAMI yang ada KITA Indonesia

Ist
Deklarator KITA Maman Imanulhaq

 

Beberapa organisasi relawan mendeklarasikan sebuah wadah besar bernama Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA) di Gedung Joeang Jalan Menteng 31, Jakarta. Tujuannya untuk menjaga dan mempererat tali persatuan bangsa.

"Tidak ada KAMI, Tidak ada KAMU, yang ada KITA. KITA Indonesia," tegas deklarator KITA Maman Imanulhaq saat mendeklarasikan KITA dalam keterangan resmi, Jumat (21/8).

Menurut Maman, KITA terbentuk dari sebuah kesadaran bersama akan makna dan nilai-nilai Indonesia. Sebagai anak bangsa, KITA terpanggil untuk menjaga politik kesadaran.

"KITA bergerak dalam politik kesadaran yang berusaha membangun masyarakat yang terbayang (imagined community) Indonesia yang kreatif dan berkelanjutan," lanjutnya.

Dalam acara tersebut sejumlah tokoh dan organ relawan mendeklarasikan KITA. Maman yang juga sempat menjabat Direktur Relawan TKN Jokowi Amin itu menjelaskan bahwa KITA adalah koalisi independen yang menyemai, mengembangkan dan melestarikan Tanah Air Indonesia.

"Itu sebagai bagian dari diri, identitas dan masa depan bersama," tegasnya.

Baca juga: DPR Trima Notulensi Pembahasan RUU Ciptaker Klaster Ketenagakrjaan

Penyair Xesan Zen membacakan puisi karya KH. Musthofa Bisri berjudul 'Kau ini bagaimana'.

Kau bilang aku merdeka, kau memilihkan untukku segalanya. Kau suruh aku berpikir, aku berpikir kau tuduh aku kapir. Aku harus bagaimana?

Budayawan Taufik Rahzen mengingatkan bahwa Peradaban Nusantara yang kaya dan beragam, merupakan alas pembentukan Indonesia, sebagai negara bangsa yang ditenun atas asas kemanusiaan yang adil dan beradab.

Ketua Panitia Ayep Zaki menjelaskan bahwa KITA sebagai gerakan moral akan terus melakukan silaturahmi kepada tokoh-tokoh bangsa, lembaga negara, parpol dan daerah.

Deklarasi ini ditutup oleh doa bersama Habib Syahdu Alidrus dan menyanyikan lagu Bendera Merah Putih oleh penyanyi Camelia Panduwinata. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Di Balik Terbit Rencana Tersimpan Bencana

👤Muklis Effendi (Story Builder) 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:53 WIB
Publik baru terperangah kemudian marah ketika LSM Migrant Care menyebut bangunan itu sebagai kerangkeng manusia, tempat bagi perbudakan...
Antara

Buronan Pidsus Kejagung Berjumlah 247 Orang

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:03 WIB
Namun, Febrie tidak bisa memastikan berapa banyak jumlah buronan yang bersembunyi di...
ANTARA FOTO/Reno Esnir

PDIP: Arteria Dahlan Dahlan Sudah Diberi Sanksi Peringatan

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 27 Januari 2022, 20:29 WIB
Menurut Hasto, hal ini menjadi pelajaran bagi Arteria dan seluruh kader meskipun apa yang disampaikan Arteria dalam kapasitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya