Senin 17 Agustus 2020, 11:10 WIB

Protokol Kesehatan Diterapkan Selama Upacara HUT RI

Nur Azizah | Politik dan Hukum
Protokol Kesehatan Diterapkan Selama Upacara HUT RI

ANTARA/Hafidz Mubarak A
Suasana jelang Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi saat HUT ke-75 Republik Indonesia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

 

UPACARA Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia tetap menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari pengecekan suhu tubuh, hingga swab bagi petugas upacara dan tamu yang masuk ke Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Seluruh tamu undangan dan petugas upacara diwajibkan menggunakan masker serta menjaga jarak. Dalam pantauan di lapangan, para tamu dan petugas tetap menjaga jarak.

Upacara HUT RI yang biasanya diikuti 10 ribu orang, kini hanya diikuti kurang dari 2 ribu orang. Itu pun tidak seluruhnya hadir di Istana Merdeka.

Baca juga: Jokowi Kenakan Pakaian Adat NTT Saat Pimpin Upacara HUT RI

Seluruh eks Presiden diundang menyaksikan HUT RI melalui daring. Begitu juga dengan kepala lembaga dan duta besar negara sahabat.

Lalu, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pun dibuat minimalis. Ada dua tim yang bertugas, yakni Tim Sabang dan Tim Merauke.

Tim Sabang bertugas mengibarkan bendera di pagi hari. Mereka adalah Kadek Sangra Wira dari Bali, Indriana Puspita dari Aceh, dan Muhamad Adzan Nusa Tenggara Barat.

"Yang bertugas menjadi pembawa baki ialah Indriana Puspita," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni'am Sholeh kepada wartawan, Senin (17/8).

Sedangkan tim Merauke bertugas menurunkan bendera pada sore hari. Mereka adalah Muhamad Asri dari Kalimantan Selatan, Sylvia Kartika Putri dari Sumatra Utara, dan Sudrajat Prawijaya dari Bengkulu.

Seluruh paskibraka tahun ini ialah siswa-siswi yang pernah dikukuhkan pada 2019. Tahun ini Kemenpora sengaja tak membuka seleksi lantaran pandemi covid-19.

Upacara HUT RI ini dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agama Fachrul Razi, dan Menteri Sosial Juliari P Batubara.

Kemudian Kapolri Jenderal Idham Azis, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Ketua DPR Puan Maharani, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo. Bamsoet bertugas sebagai pembaca naskah proklamasi. (OL-1)

Baca Juga

Dok MI

Polisi Soal Kesehatan Rizieq: Dia Sehat Kok

👤Ant 🕔Senin 25 Januari 2021, 23:55 WIB
"Kalau ada isu sakit keras, itu bohong. Kondisi MRS sekarang sehat walafiat dan senantiasa mendapat pelayanan yang...
Antara

Komisaris RSU Kasih Bunda Segera Disidang di Pengadilan Tipikor

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 25 Januari 2021, 23:35 WIB
Hutama diduga telah memberi suap kepada Ajay sebesar Rp1,661 miliar dalam lima tahap dari total kesepakatan Rp3,2...
AFP

Polisi: Rizieq Shihab Sehat di Bareskrim

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 23:30 WIB
Sebelumnya, Rizieq pada Kamis 14 Januari 2020 dipindahkan dari Rutan Polda Metro Jaya ke Rutan Bareskrim lantaran jumlah penghuni Rutan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya