Rabu 15 Juli 2020, 04:30 WIB

Mantan Dirut BEI Beri Kesaksian di Kejagung

Rifaldi Putra Irianto | Politik dan Hukum
Mantan Dirut BEI Beri Kesaksian di Kejagung

Dok. Kejaksaan Agung
Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono.

 

KEJAKSAAN Agung memeriksa 13 saksi, kemarin, terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya.

“Empat orang saksi di antaranya diperiksa untuk tersangka Fakhri Hilmi,” ucap Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Hari Setiyono, kemarin.

Fakhri merupakan pejabat pada lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diduga terlibat penyelewengan di tubuh Asuransi Jiwasraya. Adapun empat saksi yang diperiksa untuk Fakhri meliputi mantan Direktur Utama Bursa Efek Jakarta (2002-2009) atau sekarang dikenal dengan Bursa Efek Indonesia (BEI), Erry Firmansyah.

Kemudian, Kepala Departemen Audit Internal OJK Ahmad Fuad, Kepala Departemen Manajemen Risiko dan Pengendalian Kualitas OJK Yetty Septirawati, dan Kepala Departemen Penanganan Anti Faud OJK Siswani Wisudawati.

“Para saksi diperiksa untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan tugas tersangka sebagai kepala departemen pengawas pasar modal 2 A tahun 2014–2017 dalam kaitannya dengan proses pengawasan jual beli saham dari pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya yang terjadi di Bursa Efek Indonesia oleh OJK,” ujar Hari.

Saksi lainnya yang diperiksa tim jaksa penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, yakni anggota Tim Pengelola Investasi Milenium Capital Management Rini Winati, anggota Tim Pengelola Investasi Milenium Capital Management Adhe Mustofa, dan anggota Tim Pengelola Investasi Milenium Capital Management Kusnan Harjanto. Mereka diperiksa sebagai saksi untuk tersangka korporasi di perkara yang sama, yakni PT Milenium Capital Mana gement.

Staf Perdagangan PT Dhana Wibawa Manajemen Investasi (sekarang PT Pan Arcadia Capital) Minarni, Komisaris PT Dhana Wibawa Manajemen Investasi Ellu J Sabari Winarto, Komisaris Utama PT Dhana Wibawa Manajemen Investasi Tigor Pakpahan, diperiksa dalam kapasitas saksi atas tersangka korporasi PT Pan Arcadia Capital.

Selanjutnya, Direksi PT CIMB Niaga Custodian Furiyanto dan Institusional Equity Sales PT Trimegah Sekuritas Meitawati Edianingsih diperiksa atas tersangka korporasi PT Prospera Asset Management. Adapun Direktur Keuangan Asuransi Jiwasraya Dicky Kurniawan diperiksa untuk tersangka korporasi PT Maybank Asset Management.

Keterangan para saksi yang merupakan pengurus maupun karyawan dari perusahaan manager investasi dan dari Jiwasraya itu untuk mengungkap operasional perusahaan dan kaitannya dengan transaksi saham dari pengelolaan keuangan dan dana investasi Asuransi Jiwasraya. (Rif/P-2)

Baca Juga

Antara/Akbar Nugroho Gumay.

18 Pegawai KPK Antusias Ikuti Diklat Bela Negara

👤Sri Utami 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 18:55 WIB
Dian berharap dengan metode pembelajaran yang beragam dan materi-materi diklat yang baru peserta memetik wawasan baru secara...
Ist/DPR

Puan: Tindak Tegas Mafia Obat Terapi Covid-19 Tanpa Pandang Bulu!

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 18:36 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi sejumlah upaya yang mengungkap aksi penimbunan obat Covid-19 berikut tindakan tegas dari...
DOK Setpres.

Upacara Virtual HUT RI bakal Lebih Menarik

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 18:15 WIB
Beberapa kegiatan itu di antaranya program kuis, doorprize, dan hiburan dari sejumlah bintang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencari Abdi Negara di Tengah Pandemi

Jumlah pelamar di bawah perkiraan 5 juta orang dan menurun ketimbang perekrutan sebelumnya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya