Kamis 25 Juni 2020, 20:01 WIB

AHY Mau Jadikan PD Rumah bagi Nahdiyin, Ini Komentar Said Aqil

Henri Siagian | Politik dan Hukum
AHY Mau Jadikan PD Rumah bagi Nahdiyin, Ini Komentar Said Aqil

Dok Partai Demokrat
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono saat bersilaturahim ke PBNU

 

PARTAI Demokrat bersiap menjadi rumah yang nyaman bagi warga nahdiyin se-Nusantara.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan itu saat bersilaturahim ke Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis (25/6).

Baca juga: Eks Bendahara Partai Demokrat, Nazaruddin, Lagi-lagi Dapat Remisi

Menurut AHY, hal itu penting ditekankan, karena Partai Demokrat ini memiliki kesamaan dengan NU. "Jika dalam ber-Islam, NU adalah garda terdepan dalam memperjuangkan corak Islam yang moderat, tengah, atau yang Islam wasathiyyah, Partai Demokrat juga konsisten menjadi simbol perjuangan politik yang moderat, partai tengah, nasionalis-religius dan tidak ekstrem kiri (ultranasionalis) maupun ekstrem kanan.

"Saat banyak pihak mengeksploitasi politik identitas, kami berusaha istikamah untuk tidak tergoda dan tetap berada di tengah untuk menjaga keseimbangan. Jadi, khitah atau garis perjuangan politik Partai Demokrat memiliki kesamaan dengan garis perjuangan Nahdlatul Ulama dalam mempromosikan nilai-nilai keislaman. Kami sama-sama bercorak wasathiyyah atau tengah dan moderat. Jadi wajar jika Partai Demokrat memiliki chemistry yang kuat dengan NU", kata AHY.

Baca juga: Kunjungi PBNU, AHY Ungkap 4 Alasan RUU HIP Harus Ditolak

Karena kuatnya chemistry yang terbangun, AHY mengungkapkan banyak Muslimat NU yang bergabung ke DPD Partai Demokrat Jawa Timur.

"DPD Partai Demokrat Jatim yang menginformasikan banyak Ibu-Ibu Muslimat NU di Surabaya dan sekitarnya yang berbondong-bondong bergabung ke Partai Demokrat dan langsung mendapatkan kartau tanda anggota (KTA) Partai Demokrat," kata AHY di Kantor PBNU Jakarta.

Karena itu, AHY sangat senang jika ke depan PBNU berkenan mewakafkan lebih banyak kader terbaiknya untuk bergabung Partai Demokrat. "Sebab, kami paham, NU memang tidak ke mana-mana, tapi ada di mana-mana," kata AHY.

Baca juga: Politisi Partai Demokrat Sayangkan Penangkapan Ruslan Buton

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj menyarankan AHY agar lebih sering mengajak dan merayu warga nahdiyin untuk masuk ke Partai Demokrat. "Demokrat silakan pandai-pandai merayu nahdiyin," kata Said Aqil. (X-15)

Baca Juga

Antara/Rivan Awal

Biden Jadi Presiden AS, Ini Harapan Puan

👤Sri Utami 🕔Jumat 22 Januari 2021, 05:30 WIB
Ketua DPR RI berharap Joe Biden membawa dampak positif bagi penanganan pandemi covid-19 dan menjaga stabilitas perdamaian...
Antara/Galih Pradipta

Listyo Usung Program Presisi, Kompolnas: Harus Tepat Sasaran

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 22 Januari 2021, 04:35 WIB
Kompolnas akan mengawal dan mengawasi kinerja program presisi yang diusung Listyo Sigit, setelah resmi diangkat sebagai...
Antara/M Risyal Hidayat

Kemendagri Targetkan Perekaman 5,7 Juta KTP-E

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 22 Januari 2021, 01:40 WIB
Sejauh ini, sudah 194,64 juta orang atau 99,11% dari total populasi yang tercatat memiliki kartu identitas. Kemendagri bersama BPS...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya