Kamis 28 Mei 2020, 17:37 WIB

Tiga Petahana Ikut Lagi Seleksi Anggota Komisi Yudisial

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Tiga Petahana Ikut Lagi Seleksi Anggota Komisi Yudisial

Ilustrasi
Komisi Yudisial

 

PANITIA Seleksi (Pansel) Pemilihan Calon Anggota Komisi Yudisial (KY) mengumumkan ada 97 pendaftar seleksi untuk calon komisioner KY periode lima tahun mendatang.

Dari jumlah itu, ada tiga anggota KY saat ini atau petahana yang kembali mendaftar yakni Sukma Violetta, Joko Sasmito, dan Sumartoyo. Selain itu, mantan Ketua KY Taufiqurahman Syahuri juga mengikuti seleksi.

"Sampai hari ini kami mendapat 97 calon dengan komposisinya 80% laki-laki. Latar belakang profesinya rata-rata akademisi yakni sebanyak 32 orang, praktisi 24 orang, PNS 16 orang, dari lembaga negara 13 orang, swasta 4 orang, dan lainnya 8 orang," ungkap anggota Pansel Harkristuti Harkrisnowo dalam konferensi pers daring yang digelar Sekretariat Negara, Kamis (28/5).

Jumlah 97 pendaftar itu didapat Pansel setelah memperpanjang masa pendaftaran yang terganggu akibat pandemi korona. Masa pendaftaran yang seharusnya berakhir pada 14 Mei lalu masih dibuka hingga 12 Juni mendatang.

Sebelum memutuskan untuk diperpanjang, Pansel hanya menerima 65 pendaftar. Jumlah itu kemudian belum dianggap representatif sehingga pendaftaran diperpanjang.

Dari segi usia, imbuh Harkristuti, seleksi didominasi pendaftar berusia 51-60 tahun. Adapun dari segi asal daerah, pendaftar palojg banyak dari Pulau Jawa. Antara lain pendaftar dari Jawa Barat 26 orang, DKI Jakarta 18 orang, dan Jawa Timur 8 orang.

Baca juga : Pemaksaan Pilkada saat Covid-19 Akan Turunkan Kualitas Demokrasi

Menurut Harkristuti, Pansel mencari sosok-sosok yang memiliki kompetensi mumpuni seperti pengetahuan tentang kehakiman, manajemen, dan visioner serta paham dengan masalah-masalah peradilan mulai dari segi konseptual hingga tataran implementasi. Hal itu agar anggota KY yang terpilih kelak bisa menjalankan fungsi sebagai pengawas secara maksimal.

"Nantinya yang akan disampaikan ke Presiden yakni 14 nama kemudian Presiden memilih 7 orang yang akan disampaikan ke DPR," ucapnya.

Seperti diketahui, masa jabatan anggota KY saat ini akan berakhir pada Desember mendatang. Sesuai jadwal, Pansel akan menutup pendaftaran pada 12 Juni dan mengumumkan calon yang lolos seleksi administrasi pada 16 Juni. Seleksi tertulis akan dilakukan pada 22 Juni dan hasilnya diumumkan pada 27 Juni.

Pansel Pemilihan Calon Anggota KY diketuai Maruarar Siahaan dengan anggota yakni Harkristuti Harkrisnowo, Edward Omar Sharif Hiariej, Ahmad Fikri Assegaf dan I Dewa Gede Palguna.

Menurut I Dewa Gede Palguna, Pansel masih menimang-nimang dua opsi terkait tes tertulis dan wawancara lantaran pandemi. Opsi tersebut bisa saja tes tertulis dan wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan jaga jarak. Namun, tes bisa juga dilakukan secara daring jika kondisi belum kondusif. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA/Mohamad Hamzah

Densus 88 Tangkap Profesor Bom Kelompok Teroris

👤 Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 01 Desember 2020, 00:13 WIB
Bungker sejenis tersebut juga telah ditemukan di Poso pada 2007, Klaten 2014, dan terakhir Lampung pada...
ANTARA/Sigid Kurniawan

Hakim Nilai Aneh Jaksa tidak Rinci Periksa Pinangki

👤 Sri Utami 🕔Senin 30 November 2020, 23:55 WIB
Hakim juga menanyakan terkait nama Joko S Tjandra yang disebut oleh terdakwa Pinangki Sirna Malasari saat pemeriksaan internal di Kejasaan...
MI/Ramdani

Demokrat Minta Pemerintah Segera Temukan Pelaku Teror di Sigi

👤Yohanes Manasye 🕔Senin 30 November 2020, 23:12 WIB
"Kita minta pemerintah, aparat penegak hukum, untuk segera menemukan siapa pelaku pembunuhan sadis itu dan apa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya