Sabtu 18 April 2020, 17:30 WIB

Timwas DPR-Gubernur DKI Jakarta Sepakat Perkuat Pelaksanaan PSBB

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Timwas DPR-Gubernur DKI Jakarta Sepakat Perkuat Pelaksanaan PSBB

DOK DPR RI
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar.  

 

Tim Pengawas (Timwas) Penanggulangan Bencana DPR RI menggelar rapat secara virtual dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis (16/4/2020). Rapat tersebut membahas pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta dan integrasi pelaksanaannya dengan PSBB di Jawa Barat dan Banten. Pada rapat itu, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar selaku Ketua Timwas Penanggulangan Bencana DPR RI menyatakan Timwas DPR RI sepakat untuk memperkuat pelaksanaan PSBB di DKI Jakarta.

“Salah satu upaya mewujudkan tujuan memperkuat pelaksaan PSBB di DKI Jakarta tersebut adalah dengan cara melakukan sosialisasi dengan skala lebih luas. Sosialisasi harus dijalankan dengan melibatkan masyarakat luas dan perlu disertai sanksi tegas terhadap pelanggar ketentuan PSBB,” ujar Muhaimin saat memimpin rapat.

Dalam rapat tersebut, Timwas DPR RI dengan Gubernur DKI Jakarta juga membahas dampak ekonomi dan sosial yang disebabkan PSBB yang merupakan upaya membatasi penyebaran Covid-19. Untuk itu, kata Muhaimin, dibutuhkan pendekatan dan penanganan yang sifatnya terpadu dan menyeluruh. “Penanganan masalah kesehatan harus dilakukan secara bersamaan dengan penanganan di bidang ekonomi dan sosial.''

Muhaimin juga mendorong Gubernur DKI untuk terus berupaya meningkatkan kapasitas tes Polymerase Chain Reaction (PCR) bagi masyarakat. Peningkatan kapasitas pemeriksaan tes PCR tersebut diperlukan untuk memudahkan proses mitigasi dan upaya isolasi bagi mereka yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19 dan memutus rantai penyebaran Covid-19. Sehingga tes PCR harus dilakukan secara cepat dan masif.

Kapasitas tenaga dan peralatan kesehatan juga perlu ditingkatkan. Seiring makin bertambahnya jumlah pengidap Covid-19, otomatis membutuhkan penambahan jumlah fasilitas kesehatan termasuk Alat Pelindung Diri (APD) sesuai standar WHO. “Serta, DKI Jakarta perlu melibatkan lebih banyak lagi rumah sakit swasta dalam menerima dan melayani pasien Covid-19,” papar Muhaimin. 

Gubernur DKI Jakarta juga diminta menyiapkan strategi lain baik dari aspek pengobatan bagi masyarakat andaikata pandemi Covid-19 berlangsung lama.

Rapat yang digelar virtual itu juga diikuti oleh sejumlah Anggota DPR RI yang tergabung dalam Timwas Penanggulangan Bencana DPR RI. Di antaranya Mufti Anam, Sadarestuwati, Diah Pitaloka, dan Selly Andriany Gantina dari F-PDI Perjuangan, Hamka B. Kady, John Kennedy Azis, Dewi Asmara, dan Muhidin Mohamad Said dari F-Golkar, serta Sodik Mudjahid (F-Gerindra).

Selanjutnya, Lisda Hendrajoni (F-NasDem), Cucun Ahmad Syamsurijal, Siti Mukaromah (F-PKB), Nanang Samodra dan Guntur Sasono dari F-Demokrat, Ali Taher (F-PAN) dan Nurhayati Monoarfa (F-PPP). Turut hadirWakil Gubernur DKI Jakarta yang baru dilantik, Ahmad Riza Patria. (RO/OL-10)

Baca Juga

dok.ist

Hakim Anggota Pengadilan Pajak Kasus SBS Dinilai Tak Profesional

👤Muhamad Fauzi 🕔Selasa 30 November 2021, 11:17 WIB
KETUA Pengadilan Pajak diminta mengganti hakim dalam kasus pajak PT SBS agar penanganan kasus pajak tersebut berjalan sesuai kaidah hukum...
Ist/DPR

BURT DPR Kritisi Aturan Wajib Rapid Test Antigen bagi Pendatang di Bandara Sam Ratulangi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 30 November 2021, 09:41 WIB
  Wakil Ketua BURT Evita Nursanty mengungkapkan kebijakan daerah tersebut menimbulkan pertanyaan dari sebagian besar masyarakat...
Ist/DPR

Puan: Potensi Kekuatan Non-Blok Bisa Wujudkan Kemerdekaan Palestina

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 30 November 2021, 09:25 WIB
Dalam Forum Inter Parliamentary Union (IPU) General Assembly ke-143 di Madrid, Spanyol, Puan menyatakan komitmennya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya