Selasa 04 Februari 2020, 09:40 WIB

KSAD Raih Medali Kehormatan dari AS

Media Indonesia | Politik dan Hukum
KSAD Raih Medali Kehormatan dari AS

Dok. Dispen Mabes AD
Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa (kanan) bersalaman dengan KSAD Amerika Serikat Jenderal James C McConville.

 

KEPALA Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menerima anugerah medali The Legion of Merit, degree of Commander dari pemerintah Amerika Serikat (AS).

“Sertifikat penghargaan tersebut ditandatangani langsung oleh Menteri Pertahanan AS,” jelas Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Candra Wijaya melalui rilis pers, kemarin.

Medali kehormatan itu disematkan secara langsung oleh Jenderal James C McConville, Kepala Staf Angkatan Darat AS, pada ­upacara resmi penyambutan Jenderal Andika Perkasa di Whipple Field, Arlington, AS, pada 30 Januari 2020.

Dalam sertifikat medali The Legion of Merit, degree of Commander itu disebutkan bahwa pada masa jabatannya sebagai KSAD, Jenderal Andika Perkasa telah memberikan pengabdian yang luar biasa, baik di dalam negeri maupun ­hubungan angkatan darat antarnegara, ­khususnya dengan Angkatan Darat AS.

“Kerja sama tersebut telah memperkuat hubungan kedua ­angkatan darat sehingga memberikan kontribusi positif bagi stabilitas keamanan di kawasan Indo-Pasifik,” jelas Candra.

Disebutkan pula, atas inisiatif Jenderal Andika Perkasa, telah dimulai program pertukaran latihan satuan angkatan bersenjata. Misalnya, pada November 2019 dan pengiriman satuan TNI-AD yang lebih besar untuk berlatih di Joint Readiness Training Center (JRTC) Fort Polk, Louisiana, AS, pada November 2020.

Beliau juga, sambung Candra, memberikan dukungan bagi ­penguatan kerja sama satuan helikopter Apache, Skuadron 11/Serbu Penerbad dengan US Army 16 Combat Aviation Brigade.

Pada akhirnya, upaya dan inisiatif yang dilakukan selama ini telah menjadikan hubungan kedua angkatan darat semakin erat, baik pada tingkat individu maupun kesatuan.

“Ini bagian dari upaya ­pemberdayaan kemampuan dan kekuatan militer kita, khususnya di matra AD,” tukasnya.

Medali The Legion of Merit, urai Candra, dianugerahkan ­dalam ­empat tingkatan (degree), yaitu chief commander degree, commander degree, officer degree, dan legionnaire degree. (RO/P-3)

Baca Juga

Dok MI/ROMMY PUJIANTO

Maqdir Sebut KPK Wajib Hapus Status DPO Sjamsul Nursalim

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 07:17 WIB
Status tersangka Sjamsul Nursalim sudah tidak valid sejak adanya putusan MA yang membebaskan Syafruddin Arsyad...
MI/Susanto

Listyo Sigit Diminta Hidupkan Aplikasi Pelaporan

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Senin 25 Januari 2021, 07:08 WIB
Polri sudah sering meluncurkan aplikasi laporan masyarakat. Namun, satu pun aplikasi itu tidak ada yang bisa memanggil...
ANTARA/Galih Pradipta

Listyo Sigit Dinilai Butuh Jubir Khusus

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Senin 25 Januari 2021, 06:30 WIB
Meski begitu, Ridwan menilai sikap diam Listyo ada sisi positifnya. Listyo diyakini bisa jadi Kapolri yang bergerak dalam senyap untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya