Selasa 03 Desember 2019, 08:50 WIB

NasDem Tuan Rumah Social Democracy Asia

Putra Ananda | Politik dan Hukum
NasDem Tuan Rumah Social Democracy Asia

MI/PIUS ERLANGGA
Ketua DPP Partai NasDem Bidang Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Martin Manurung.

 

SELAMA tiga hari ke depan, Partai NasDem akan menjadi tuan rumah dalam acara pertemuan jaringan internasional Social Democracy Asia (Socdem Asia) yang berlangsung di Jakarta. NasDem akan memfasilitasi pertemuan antara para anggota parlemen dari 17 negara anggota Socdem Asia, termasuk anggota parlemen dari Partai NasDem.

"Nanti akan ada 40 sampai 50 anggota parlemen dari 17 negara yang akan datang dalam acara Socdem Asia. Kita ingin menciptakan kaukus parlemen antarnegara," ungkap Ketua DPP Partai NasDem Bidang Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Martin Manurung, saat ditemui di Jakarta, kemarin.

Martin yang juga menjabat Steering Committee Socdem Asia tersebut menjelaskan NasDem berharap setiap anggota parlemen di wadah Socdem Asia dapat bertukar pikiran dalam acara yang akan berlangsung di Hotel Four Point Jakarta tersebut. Dengan begitu, diharapkan tercipta sinergi kerja parlemen antarnegara yang berkaitan dengan kebijakan-kebijkan tentang kesejahteraan sosial yang bisa saling menguntungkan.

"Kesehatan, pendidikan, perempuan, dan anak, mungkin juga kita bisa kerja samakan," paparnya.

Martin melanjutkan, selama ini NasDem terus aktif berkomunikasi dengan partai-partai anggota Socdem Asia. Mulai melakukan kerja sama antarpartai dengan pertukaran kader muda hingga pelatihan-pelatihan politik bagi tiap kader. NasDem pun ingin terus meningkatkan hubungan kerja sama dengan partai anggota Socdem Asia.

"Kami ingin coba meningkatkan lagi bukan hanya pertukaran kader, melainkan juga ada forum komunikasi yang kami namakan kaukus antaranggota parlemen. Kaukus ini nantinya bisa menjadi sarana bagi para anggota parlemen untuk membuat regulasi yang saling menguntungkan untuk hubungan internasional antarnegara," paparnya.

Keberadaan Socdem Asia bertujuan membangun alternatif sosial demokratis dengan memperdalam dan memperluas wacana Asia. Socdem Asia menawarkan dan mengembangkan kebijakan yang berorientasi masa depan dengan menampilkan praktik terbaik partai-partai sosial demokrat.

Jaringan Socdem Asia meliputi 13 negara, yakni Indonesia, Mongolia, Jepang, Korea Selatan, Nepal, Pakistan, India, Sri Lanka, Myanmar, Thailand, Malaysia, Filipina, dan Timor Leste. (Uta/P-2)

Baca Juga

MI/Susanto

Korupsi Bansos, KPK Panggil Politikus PDIP Ihsan Yunus

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 27 Januari 2021, 13:30 WIB
Politikus PDIP itu dipanggil sebagai mantan Wakil Ketua Komisi VIII DPR yang merupakan mitra kerja Kementerian...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Kuasa Hukum Pinangki Sebut Tuduhan Terima Uang Masih Kabur

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 27 Januari 2021, 11:47 WIB
"Kami katakan kabur karena sampai saat ini tidak dapat dibuktikan di mana dan kapan terdakwa menerima uang yang dituduhkan...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Sebelum Divonis, Eks Jaksa Pinangki Minta Keringanan Hakim

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 27 Januari 2021, 11:23 WIB
Eks Jaksa Pinangki memohon kepada majelis hakim agar meringankan putusan terhadapnya. Selain itu, ia kembali menyampaikan rasa bersalahnya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya