Senin 18 November 2019, 15:30 WIB

Kemenag harus Optimalkan Digital untuk Jalankan Fungsi Keagamaan

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Kemenag harus Optimalkan Digital untuk Jalankan Fungsi Keagamaan

DOK DPR RI
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily.

 

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily menyebutkan bahwa banyak masyarakat yang belajar agama melalui media digital. Hal itu dikemukakan pada acara Rapat Evaluasi Penerangan Agama Islam Tingkat Nasional, Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI, di Jakarta, Minggu (17/11/2019).

"Kemenag harus mampu beradaptasi dengan hal-hal baru dalam menjalankan fungsi keagamaannya. Kemenag harus menggunakan instrumen digital, masuk menjalankan fungsi keagamaan itu," jelas Ace dalam rilis yang diterima Parlementaria.

Dalam acara tersebut, Ace menyampaikan tema mengenai 'Relasi Agama dan Negara Untuk Indonesia Maju'. Politisi Partai Golkar tersebut juga memaparkan tantangan kehidupan beragama di Indonesia belakangan ini.  

"Kita dihadapkan pada kondisi bangsa yang menghadapi tantangan serius. Ada survei, masih ada 4% penduduk Indonesia mengatakan Pancasila bertentangan dengan syariat Islam. Ada yang salah, ini masih ada yang salah memahami," jelas Ace sambil meminta agar Direktorat Penerangan Agama Islam harus menghadapi dan mengidentifikasi kelompok-kelompok yang menganggap Pancasila bertentangan dengan Islam.

Ace juga menjelaskan bahwa Pancasila selaras dengan ajaran Islam. "Yang harus kita lakukan bahwa nilai keislaman luhur agama kita, kompatibel dengan Pancasila. Dan perlu disosialisasikan kepada masyarakat. Memang tidak mudah menyosialisasikan dan menghidupkan nilai kebangsaan," pungkas Ace. (RO/OL-10)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Jaya Kusuma

Eggy Sudjana Diperiksa Sebagai Tersangka Makar Kamis Mendatang

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 02 Desember 2020, 08:52 WIB
Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Eggi Sudjana  akan diperiksa oleh Ditreskrimum Polda Metro Jaya  pada Kamis (3/12) sebagai...
ANTARA/Reno Esnir

Dua Petinggi KAMI Segera Disidang

👤Siti Yona Hukmana 🕔Rabu 02 Desember 2020, 08:51 WIB
Polisi menangkap Syahganda Nainggolan dan Jumhur Hidayat pada 13 Oktober lalu atas dugaan penyebaran hoaks terkait omnibus...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/

Mahfud MD: Mereka Telah Mengganggu Ibu Saya

👤Siswantini Suryandari, Cahya Mulyana 🕔Rabu 02 Desember 2020, 06:57 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan kemarahannya dalam Twitter atas aksi sekelompok orang yang telah mendatangi rumahnya dan mengganggu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya