Rabu 14 Agustus 2019, 21:39 WIB

Jokowi: Gerakan Kepanduan Tempat Bersemai Calon Pemimpin

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
Jokowi: Gerakan Kepanduan Tempat Bersemai Calon Pemimpin

Antara/Wahyu Putro
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan ketika memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58

 

PRESIDEN Joko Widodo menyebut gerakan Pramuka merupakan tempat bersemainya calon-calon pemimpin bangsa. Oleh karena itu, Jokowi meminta para kepala daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota, selaku ketua majelis pembimbing gerakan kepanduan di daerah masing-masing, memberikan perhatian dan dukungan penuh.

“Karena Gerakan Pramuka membentuk manusia-manusia Pancasila yang tangguh, yang tahan banting, yang berakhlak mulia, dan yang inovatif,” kata Jokowi saat memimpin upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-58 di Lapangan Utama, Bumi Perkemahan Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/8).

Baca juga: Kejagung Periksa Alex Noerdin Terkait Penyaluran Dana Hibah

Gerakan Pramuka, jelas Kepala Negara, yang menekankan pendidikan dan pembentukan karakter memiliki peran sangat penting dalam menanggulangi masalah seperti penyalahgunaan narkoba, tawuran, sikap intolerans

“Termasuk dalam membentuk generasi muda Indonesia yang rela menolong, tabah, cinta Tanah Air, berani, dan siap mempertahankan keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” ujarnya.

Presiden menuturkan, kodrat Indonesia adalah menjadi bangsa yang beragam dan majemuk dengan 714 suku dan lebih dari 1.100 bahasa daerah di dalamnya. Hal tersebut harus disyukuri oleh seluruh elemen bangsa, termasuk Gerakan Pramuka.

“Alhamdulillah, Gerakan Pramuka telah memberi contoh bagaimana keberagaman yang ada justru memperindah dan menyatukan semua anggota Pramuka,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Presiden juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi bagi para pembina Pramuka yang tersebar di ratusan ribu gugus depan di seluruh Indonesia, yang telah secara sukarela mencurahkan waktu dan tenaga dalam membina para peserta didik Pramuka.

Sebelum menyampaikan amanatnya, Presiden Jokowi dianugerahkan penghargaan Tunas Kencana oleh Ketua Kwarnas Budi Waseso. Lencana Tunas Kencana merupakan penghargaan tertinggi Gerakan Pramuka bagi orang dewasa. (OL-8)

Baca Juga

MI/ LILIEK DHARMAWAN

Sikap Antikorupsi Dimulai dari Tidak Nyontek dan Titip Absen

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 21:05 WIB
Menurut Nanang, praktik titip absen yang dilakukan mahasiswa merupakan hal sederhana yang menjadi preseden buruk untuk mewujudkan karakter...
Puspen TNI

Kunjungan Kapolri ke Papua Efektif Jika Buka Dialog

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 20:31 WIB
Hal itu lantaran konflik di Papua tak serta-merta hanya pada kekerasan politik...
MI/Lina Herlina

Penghargaan Antikorupsi Nurdin Dicabut Saat Jadi Tersangka

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 18:15 WIB
Penghargaan yang sempat disematkan kepada Nurdin pada 2017 dapat dicabut ketika berstatus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya