Kamis 25 Juli 2019, 06:50 WIB

RI-UEA Sepakat Kembangkan 12 Sektor

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
RI-UEA Sepakat Kembangkan 12 Sektor

ANRATA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

 

PEMERINTAH Indonesia sepakat meningkatkan kerja sama, terutama di sektor ekonomi dengan pemerintah Uni Emirat Arab (UEA). Ada 12 nota kesepahaman kedua negara yang ditandatangani dalam pertemuan bilateral pemerintah kedua negara di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, kemarin.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan ke-12 kesepakatan itu terdiri atas 9 kesepakatan antarkementerian dan 3 kesepakatan business to business.

Sembilan kesepakatan meliputi peningkatan perlindungan investasi, penghindaran pajak berganda, industri, kepabeanan, pariwisata, kelautan dan perikanan, pertahanan, kekonsuleran, dan kebudayaan.

Adapun tiga kesepakatan business to business mencakup perjanjian antara Pertamina dan Abu Dhabi National Oil Company (Adnoc), PT Chandra Asri Petrochemical dan Mubdala Petroleum, serta PT Maspion Indonesia dan DP World Asia.

"Dari ketiga MoU tadi yang business to business itu nilai totalnya sekitar Rp136 triliun atau US$9,7 miliar," jelas Retno.

Menteri Retno menambahkan, dalam pertemuan Putra Mahkota Abu Dhabi sekaligus Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan dengan Presiden Joko Widodo juga sempat dibahas mengenai proyek-proyek yang bisa dikerjakan bersama.

Menurutnya, kedua pihak juga sudah bicara mengenai kerja sama tersebut secara lebih mendetail.

Oleh karena itu, Retno mengungkapkan Presiden Jokowi sudah memberikan arahan kepada para menterinya untuk segera mengeksekusi rencana-rencana investasi yang diinginkan Uni Emirat Arab.

Jokowi bahkan langsung menggelar rapat dengan para menteri yang hadir untuk menindaklanjuti kerja sama dengan Uni Emirat Arab yang memiliki sovereign wealth fund sekitar US$1,3 triliun. (Mal/X-10)

Baca Juga

Antara

Kapolri Naikkan Pangkat Anggota yang Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:44 WIB
Dua anggota kepolisian yang tewas, yakni Briptu Fajar Yoyok Pujiono dan Brigadir Andik Purwanto, juga telah dimakamkan secara...
ANTARA

Polisi Naikkan Status Tragedi Kanjuruhan ke Penyidikan

👤 Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:38 WIB
Keputusan menaikkan status menjadi penyidikan tersebut dilakukan setelah tim melakukan gelar...
ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Komnas Telusuri Pelanggaran HAM dalam Insiden di Kanjuruhan

👤Bagus Suryo 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:24 WIB
Setelah melakukan investigasi ke kandang 'Singo Edan' itu, Komnas HAM menyatakan pihaknya menemukan dugaan adanya pelanggaran HAM...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya