Rabu 10 Juli 2019, 14:55 WIB

Partai Golkar Minta Jatah Empat Menteri

Bagus Suryo | Politik dan Hukum
Partai Golkar Minta Jatah Empat Menteri

MI/Bagus Suryo
Anggota Dewan Pembina Partai Golkar Fadel Muhammad (dua dari kiri) saat menghadiri diskusi di Universitas Brawijaya Malang, Rabu (10/7).

 

PARTAI Golkar minta jatah empat menteri kepada Presiden Joko Widodo. Nama keempat menteri itu sudah disiapkan dan prosesnya hanya tinggal disetujui Jokowi. Permintaan jatah menteri itu diungkapkan Anggota Dewan Pembina Partai Golkar Fadel Muhammad kepada wartawan di Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (10/7).

"Kita minta 4 kursi (menteri). Kita ajukan, nama-namanya belum bisa dipublikasikan. (Yang diminta) Menteri Kelautan, Menteri Perindustrian dan beberapa nama," tegasnya.

Fadel mengungkapkan dinamika politik di Golkar sedang ada persaingan soal suksesi ketua umum. Sekarang ada dua kubu yang menginginkan Musyawarah Nasional (munas) dipercepat. Selain itu ada kubu yang berpandangan agar Munas setelah ada penentuan menteri di kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Kedua kubu juga berebut ketua umum yaitu Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo.

"Ada dua pandangan, ingin mempercepat Munas kelompok Pak Bambang. Sedangkan kelompok Airlangga meminta agar munas sesuai jadwal sesudah pemerintahan baru," katanya.

Bermula dari dua pandangan itu akhirnya mengerucut pada figur ketua umum baru antara Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo.

"Akhirnya bermuara Airlangga dan Bambang. Pertarungan diantara dua nama ini. Tapi kita banyak yang pilih tetap Airlangga terkait juga dengan dukungan ke Pak Jokowi," ujarnya.

baca juga: Novel Minta Polri Ungkap Pelaku Lapangan Dulu

Sejauh ini dinamika kekuatan Golkar terpecah, saling memihak pada masing-masing kubu.

"Anggota daerah minta ada evaluasi terhadap Pak Airlangga. Tapi sebagian besar daerah minta tetap Pak Airlangga jadi ketum," pungkasnya. (OL-3)

Baca Juga

MI/Susanto

KPK Ultimatum Orang yang Bantu Harun Masiku ke Luar Negeri

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Senin 02 Agustus 2021, 06:43 WIB
KPK menegaskan sudah sering mempermasalahkan orang yang membantu buronan melarikan...
MI/Susanto

436 Pegawai Positif Covid-19, KPK Harus Putar Otak

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 02 Agustus 2021, 06:37 WIB
Khusus pada 2021, sebanyak 169 pegawai KPK positif covid-19 dan, dari jumlah tersebut, Kedeputian Penindakan berjumlah 41...
Mi/Adam Dwi

Wapres Minta Bangsa Kembali Tumbuhkan Kekuatan Nasional

👤Indriyani Astuti 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 20:43 WIB
Wapres mengatakan, untuk menghadapi situasi seperti saat ini, bangsa Indonesia perlu menumbuhkan kembali kekuatan nasional yang pernah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya