Kamis 23 Mei 2019, 08:20 WIB

Ucapan selamat itu disampaikan dalam surat yang dikirimkan Trump

Media Indonesia | Politik dan Hukum
Ucapan selamat itu disampaikan dalam surat yang dikirimkan Trump

AFP/Jim WATSON
Presiden Amerika Serikat Donald Trump

 

KEDUTAAN Besar RI di Washington DC menyampaikan surat Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang berisi ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia atas suksesnya pelaksanaan Pemilu 2019 dan menyebut Indonesia sebagai contoh negara demokrasi.   

Ucapan selamat itu disampaikan dalam surat yang dikirimkan Trump melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington DC dan diplublikasikan kepada media di Jakarta, kemarin.  

Dalam suratnya, Presiden Trump menyampaikan bahwa Indonesia telah melalui proses transformasi demokrasi yang luar biasa dan patut dijadikan contoh bagi bangsa-bangsa lainnya. Selain itu, Presiden AS ke-45 tersebut menegaskan kembali komitmennya untuk terus memperkuat hubung-an bilateral Indonesia-AS. "Saya ucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia atas pelaksanaan pemilu yang berlangsung bebas, adil dan damai, serta untuk pertama kalinya, pelaksanaan pemilihan legislatif dan presiden dilaksanakan pada saat bersamaan,''kata Presiden Trump mengawali suratnya.   

Trump juga menilai bahwa perkembangan demokrasi di Indonesia dalam kurun waktu 20 tahun terakhir sangat luar biasa. ''Saya mengetahui bahwa tingkat partisipasi pemilih tahun ini yang mencapai 80% merupakan yang paling tinggi. Indonesia patut menjadi contoh bagi bangsa-bangsa lainnya di dunia.''

Selain Trump, pemimpin lainnya juga telah menyelamati kemenangan Jokowi antara lain Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien-loong, Presiden Singapura Halimah Yacob, Presiden China Xi Jin Ping dll.

Dari Singapura Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono juga menyampaikan selamat atas kemenangan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. SBY sekaligus memberi apresiasi atas komitmen Jokowi-Amin untuk benar-benar menjadi pengayom bagi semua masyarakat Indonesia dan memperjuangkan keadilan sosial serta mengusahakan persatuan.

"Mengiringi ucapan selamat saya kepada Bapak Joko Widodo dan Bapak Ma'ruf Amin, dalam kapasitas saya sebagai Presiden RI keenam, Terus terang saya lega Pak Jokowi menyampaikan komitmen mengayomi masyarakat, mengusahakan keadilan sosial, dan persatuan bangsa." (Pol/Ins/Mal/P-1)

Baca Juga

MI/Vicky Gustiawan

24 Tahun Demokrasi, Aspek Politik, Sosial dan Hukum Masih Lemah

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:17 WIB
Meskipun telah menghasilkan kemajuan di bidang politik dan ekonomi, tetapi masih ada kekurangan yakni krisis politik, hukum, dan...
ANTARA FOTO/Novrian Arbi

DPR Mengkaji Penggunaan Kotak Suara dari Kardus

👤 Sri Utami 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 17:30 WIB
Wakil Ketua DPR  RI Sufmi Dasco Ahmad meminta Komisi II DPR untuk mengkajinya karena terkait dengan kerentanan kerusakan kertas...
MI/Pius Erlangga

Restorative Justice Kejaksaan Terhadap Penyalahgunaan Narkotika Diapresiasi PBB

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 17:15 WIB
Selain dari sisi kecepatan, RJ oleh Kejaksaan juga diapresiasi akibat kontrol yang dimiliki jaksa penuntut umum. Sejauh ini, lebih dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya