Senin 22 April 2019, 08:15 WIB

Demokrat tidak Mau Terlibat Aksi Inkonstitusional

Medcom/P-4 | Politik dan Hukum
Demokrat tidak Mau Terlibat Aksi Inkonstitusional

ANTARA FOTO/Reno Esnir
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

 

PARTAI Demokrat memastikan ketua umumnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), punya cara tersendiri untuk mengatasi situasi politik saat ini. Partai Demokrat memastikan tak akan mengikuti cara-cara tindakan yang inkonstitusional.

“Kita ini punya cara tersendiri bagaimana mengawal Prabowo-Sandi untuk menuju kemenangan. Berbeda dengan cara-cara yang ditempuh oleh Amien Rais selalu kita dengar people power,” kata Ketua DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean kepada Medcom.id, di Posko Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut Ferdinand, Partai Demokrat satu tujuan ingin memenangkan pasangan Prabowo-Sandi. Namun, dengan surat SBY yang meminta kadernya tak mengikuti cara-cara inkonstitusional jangan diartikan SBY bermain aman di Pilpres 2019 ini.

“Jangan dilihat, jangan ditanggapi ini main aman, tetapi kita menempuh jalur-jalur yang aman secara hukum dan konstitusional, tetapi target tercapai,” tegas Ferdinand.

Isu keretakan koalisi pasangan presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno semakin menyeruak. Teranyar, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais terlibat perang kata-kata dengan politikus Demokrat Andi Arief di media sosial.

Mulanya, Amien mengunggah video di Instagram dan menyebut kalau ada tokoh yang sedang bimbang dan ingin bermain aman di Pilpres 2019. “Pada saat seperti ini memang selalu muncul tokoh yang jadi gagap, jadi ragu-ragu, jadi serbabimbang, serbaragu. Enggak ikut ke mana-mana, jadi safety player. Jangan ikuti orang seperti itu,” ucap Amien dalam unggahannya.

Amien menegaskan, koalisi Prabowo-Sandi sedang berupaya habis-habisan untuk mencegah adanya dugaan kecurangan dalam kontestasi Pilpres 2019. Menurut Amien, koalisi Prabowo-Sandi juga punya ketegasan dan keberanian dalam memberangus kecurangan.

“Karena itu, jangan ragu, enggak ada gunanya hidup di dunia jadi orang peragu,” tambahnya.

Sebelumnya, SBY memberi arahan kepada kadernya melalui surat edaran bahwa ada potensi ketegangan yang muncul dan membahayakan politik keamanan di Indonesia. Karena itu, SBY ingin memastikan para pengurus dan kader Partai Demokrat tidak melibatkan diri dalam kegiatan inkonstitusional. (Medcom/P-4)

Baca Juga

ANTARA

Presiden Teken Keprres TGIPF Tragedi Kanjuruhan Hari Ini

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 13:14 WIB
Tim tersebut diharapkan mampu bekerja secara fokus dan cepat dalam mengungkap akar permasalahan dari peristiwa yang merenggut 125 korban...
AFP

Presiden: Tim Pencari Fakta Kanjuruhan Harus Selesai 30 Hari

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 11:41 WIB
Dengan sumber daya yang cukup besar, tim tersebut dituntut bisa memberikan kesimpulan dalam kurun kurang dari 30 hari ke...
Antara

Polri Sebut Limpahkan Barang Bukti Kasus Tewasnya Brigadir J Hari Ini

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 10:56 WIB
POLRI sebut hari ini Rabu (4/10) pihaknya akan lakukan pelimpahan barang bukti kasus tewasnya Brigadir J ke Kejaksaan Negeri Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya