Kamis 19 Juli 2018, 14:20 WIB

Banyak Caleg Artis, KPU Yakin Parpol Selektif

Nurjianto | Politik dan Hukum
Banyak Caleg Artis, KPU Yakin Parpol Selektif

MI/Ramdani

 

KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan menuturkan masyarakat saat ini sudah cerdas dalam memilih para anggota legislatif yang nantinya akan maju dalam Pileg 2019. Ia pun meyakini para parpol telah melakukan penjaringa yang panjang dan selektif dalam menentukan bakal caleg mereka.

Hal tersebut diungkapkannya saat menanggapi pertanyaan terkait banyaknya kalangan artis yang dimajukan oleh Parpol sebagai bakal caleg dalam Pileg 2019 mendatang.

"Pada saatnya nanti, masyarakat yang akan menilai. Kemudian, memilih melalui hak politiknya. Kita percaya parpol dalam mencalonkan seseorang menjadi bacaleg (bakal calon anggota legislatif) DPR dan DPRD itu semestinya sudah mempertimbangkan banyak hal," ungkapnya saat ditemui di kantor KPU RI, Jakarta, (19/7).

Dirinya juga menegaskan kapasitas pihaknya adalah sebagai penyelenggara pemilu yang tidak memiliki kewenangan untuk menilai kapasitas artis yang menjadi bakal caleg. Ia menerangkan semua bakal caleg pasti akan diverifikasi sesuai dengan peraturan KPU No 20 tahun 2018 dan UU No 7 tahun 2018 tentang Pemilu.

"Selain terkait persyaratan, KPU Tidak bisa menilai kapasitas personal. tentang apakah situ memiliki kemampuan politik dan sebagainya," ujarnya.

Sebelumnya, dalam masa pendaftaran bakal caleg lalu beberapa Parpol peserta Pileg 2019 mengusungkan nama-nama bakal calegnya dari kalangan artis.

Seperti partai Nasdem yang memajukan 25 nama artis yakni Syahrul Gunawan, Nurul Qomar, Diana Sastra, Krisna Mukti, Lucky Hakim, Olla Ramlan, Farhan, Conny Dio, Della Puspita, Mandra, Tessa Kaunang, Okky Asokawati, Manohara, Adly Fayruz, Lucky Perdana, Cut Meyriska, Jonathan Frizzi, Bertrand Antolin, Annisa Bahar, Nafa Urbach, Vicky Shu, dan Kristina Iswandari.

Selanjutnya PDIP ada 10 nama artis yang akan terjun ke dunia politik, di antaranya, Kris Dayanti, Ian Kasela, Jeffry Waworuntu, Harvey Malaiholo, Lita Zein, Kirana Larasanti, Chicha Koeswoyo, Iis Sugianto, dan Angel Karamoy. Dari Partai Demokrat ada dua nama artis yang berencana maju yakni Dina Lorenza dan Jane Shalimar.

Dari Partai Perindo ada empat nama yakni Reza Artamevia, Charly Van Houten, Angel Lelga dan Andi Arsyil Rahman. Partai Berkarya ada empat nama artis yang juga akan bertarung dari Partai yang didirikan Tommy Soeharto itu yakni Raslina Rasidin, Donny Kusuma, Annisa Trihapsari, dan Sultan Djorghi.

Dari Partai Gerindra sendiri ada Nama Ahmad Dhani yang akan maju di Pileg 2019 mewakili Dapil Jawa Timur, Sedangkan dari Partai Solidaritas Indonesia Giring Ganesha yang dikenal sebagai mantan vokali grup band Nidji juga akan bertarung di Pileg 2019 mendatang. 

Partai Kebangkitan Bangsa sendiri setidaknya ada tujuh orang nama artis yakni Tommy Kurniawan, Herman gitaris Seventeen, Ivan vokalis Seventeen, Saleh Said Bajuri, Sundari Sukoco, Arzeti Bilbina, dan Zora Vidyanata. (OL-3)

Baca Juga

MI/Moh Irfan

Polri Tetapkan 10 Tersangka dalam Kasus Perjudian Kelas Atas

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Jumat 30 September 2022, 23:12 WIB
Adapun 10 tersangka dalam kasus perjudian kelas atas diketahui masih berada di luar negeri. Polri kemudian memasukkan 10...
MI/M Irfan

Jenderal Andika dan Jenderal Dudung Saling Melengkapi

👤Media Indonesia 🕔Jumat 30 September 2022, 22:10 WIB
KEHADIRAN Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman saat rapat kerja dengan Komisi I DPR RI (26/9) membuktikan tak ada...
MI/BAYU ANGGORO

Utamakan Politik Gagasan, KIB tidak Ingin Terjebak Figur Populer

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 30 September 2022, 21:30 WIB
Ada satu kesadaran yang sama bahwa setelah 2019 ada suasana keterbelahan yang tajam di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya