Selasa 17 Juli 2018, 09:53 WIB

PSI Pendaftar Caleg Pertama di Hari Terakhir

Putri Anisa Yuliani | Politik dan Hukum
PSI Pendaftar Caleg Pertama di Hari Terakhir

Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie -- MI/Susanto

 

PARTAI Solidaritas Indonesia (PSI) mendaftarkan calon anggota legislatif DPR ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Selasa (17/7) pagi.

PSI merupakan partai pertama yang melakukan pendaftaran pada hari terakhir pendaftaran caleg DPR dan pertai kedua yang mendaftarkan caleg mereka. Sebelumnya, kemarin, Senin (16/7), Partai NasDem menjadi partai pertama yang mendaftarkan caleg mereka.

PSI mengklaim seluruh caleg yang diusung bebas dari kasus korupsi.

Ketua Umum PSI Grace Natalie hadir di KPU untuk melakukan pendaftaran didampingi Ketua DPP PSI Tsamara Amany dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PSI Sumardy.

"Hari ini, PSI menyerahkan 575 nama caleg DPR dari 80 daerah pemilihan di seluruh Indonesia," kata Grace di KPU RI.

Grace mengatakan, dari semua caleg yang maju, sevanyak 60% berusia di bawah 45 tahun. Di sisi lain sebanyak 45% dari seluruh caleg yang ada merupakan perempuan.

"Jadi bisa dikatakan jika satu dari dua caleg PSI adalah perempuan. Kemudian ada 20% caleg perempuan yang mendapatkan nomor urut satu," ujarnya.

Selanjutnya, Grace juga menegaskan jika parpolnya mengusung figur-figur dari masyarakat maupun sejumlah tokoh publik. Beberapa di antara tokoh publik yang menjadi caleg PSI yakni mantan vokalis band Nidji, Giring Ganesha dan mantan atlet bulu tangkis era 90-an Hariyanto Arbi.

"Yang pasti, 100% caleg yang kami usung tidak ada yang merupakan mantan narapidana kasus korupsi. Kami mohon doa restu masyarakat agar PSI bisa membawa anak-anak muda berintegritas untuk memperbaiki politik Indonesia dengan membawa mereka masuk ke parlemen," tegas Grace.

Selain beberapa figur di atas, Grace mengatakan pengurus DPP PSI juga akan maju sebagai caleg. Grace maju sebagai caleg dari dapil Jakarta Utara-Jakarta Barat. Sementara itu, Tsamara Amany akan maju sebagai caleg dari dapil Jakarta Selatan-Jakarta Pusat.

Grace lebih lanjut menjelaskan caleg yang diusung PSI mendapat nomor urut dengan sistem undian. Langkah ini diambil untuk mempermudah penentuan nomor urut caleg di dapil masing-masing serta menghindari terjadinya persaingan perebutan nomor urut di antara para caleg.

Hari ini merupakan batas akhir pendaftaran caleg bagi 15 parpol peserta Pemilu 2019 akan mendaftarkan caleg DPR ke KPU.

Berdasarkan informasi dari Humas KPU, hingga pukul 23.50 WIB, Senin (16/7) malam, ada 12 parpol yang sudah mengabarkan jadwal pendaftaran caleg ke KPU. Secara berturut-turut, pendaftaran caleg parpol pada Selasa (17/7) pagi akan diawali oleh PSI dan Partai Garuda.

Kemudian, PAN dan Partai Perindo dijadwalkan mendaftar setelah pukul 12.00 WIB. Disusul PDIP dan Partai Hanura yang rencananya datang ke KPU masing-masing pukul 13.30 WIB dan pukul 14.00 WIB.

Sementara itu, Partai Demokrat dan Partai Berkarya sama-sama mengonfirmasi akan datang mendaftar caleg pukul 15.00 WIB. Partai Golkar akan datang mendaftar ke KPU pukul 17.00 WIB.

Selanjutnya, PKS dijadwalkan hadir mendaftar caleg ke KPU pukul 18.30 WIB. PKPI dan PPP masing-masing akan datang mendaftar caleg pukul 20.00 WIB dan 21.00 WIB. (OL-2)

Baca Juga

Ist/DPR

DPR: Survei dan Hitung Cepat saat Pemilu Perlu Ditertibkan

👤mediaindonesia.comm 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:28 WIB
Jajak pendapat memang merupakan sebuah keniscayaan, namun sayangnya terkesan survei ini menjadi persoalan di tengah-tengah kehidupan...
BPMI Setpres

Tingkat Kepuasan Jokowi Naik, Pengamat: Kebijakan BLT BBM Diapresiasi Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:27 WIB
Pemberian BLT BBM sebagai kebijakan yang diambil pemerintah pascapenyesuaian harga BBM ternyata cukup diapresiasi oleh...
 MI/RAMDANI

Janji Anies, Lanjutkan Kepemimpinan Jokowi dan Beri Perubahan

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:20 WIB
Anies menyampaikan keberlanjutan merupakan sebuah keniscayaan dalam roda pemerintahan. Harus ada keberlangsungan pembangunan antar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya